Show simple item record

dc.contributor.authorSusanti, Baiq Hana
dc.date.accessioned2019-08-08T07:52:47Z
dc.date.available2019-08-08T07:52:47Z
dc.date.issued2019-04
dc.identifier.citationLukman, E. 2015. The latest numbers on web, mobile, and social media in Indonesia (INFOGRAPHIC) Retrieved from TECHINASIA: https://www.techinasia.com/indonesia-web-mobile-data-start-2015/ Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik.. Yogyakarta: Diva PRESS Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yokyakarta: Diva Press. Pustekkom, (2006). Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta Rusman,dkk.2012, Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada Rosita dan Pribadi,T. (2005). Prospek Komputer sebagai Media Pembelajaran Interaktif dalam Sistem Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia . Universitas Terbuka (online) Selwyn, Neil. 2012. Social Media in Higher Education. Selwyn, Neil. 2012. Social Media in Higher Education. www.worldoflearning.com Syafitri, A. 2010. Social Learning Menurut Albert Bandura. Retrieved from Kompasiana: http://www.kompasiana.com/anita_syafitri/social-learning-menurut-albert-bandura_55003422a33311e7725100ccid_ID
dc.identifier.issn2527-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11358
dc.description.abstractFenomena pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di sekolah semakin bergaung. Bahkan dalam kurikulum 2013 yang sedang berlangsung, TIK memegang peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan pembelajaran, termasuk didalamnya adalah penggunaan perangkat pembelajaran seperti media pembelajaran. Selain itu penggunaan media sosial sudah sangat melekat dan dekat dengan kehidupan sosial masyarakat, termasuk mahasiswa. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis TIK untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa memanfaatkan media sosial sebagai sarana pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D dengan desain one group pretest posttest. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-Agustus 2018. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar penilaian dan angket. Media pembelajaran yang dikembangkan oleh mahasiswa dibagi berdasarkan media sosial yang digunakan dalam publikasi media pembelajaran tersebut. Pengembangan media pembelajaran diberikan pilihan pada empat platform besar media sosial yaitu blog, facebook, istagram dan twitter. Hasil penelitian pendahuluan memperlihatkan bahwa seluruh mahasiswa sudah mampu dan biasa menggunakan media sosial tersebut, hanya penggunaannya masih sebatas untuk sekedar berkomunikasi akan tetapi belum terpikirkan untuk memanfaatkan media sosial tersebut sebagai sarana pembelajaran. hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, media sosial yang dikembangkan oleh mahasiswa sudah cukup bervariasi baik dari jenis media maupun konten yang dikembangkan. Konten media pembelajaran dalam media sosial yang dikembangkan sudah sesuai dengan tuntutan materi yang harus di ajarkan berdasarkan kurikulim 2013. Selain itu, media sosial sudah memuat kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi yang wajib dimiliki oleh siswa. Penggunaan jenis-jenis media seperti teks, gambar, video, infografik dan bagan juga sudah dilakukan dengan baik.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-4id_ID
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Berbasis TIK untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Memanfaatkan Media Sosial sebagai Sarana Pembelajaranid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record