Profil Instrumen Penilaian Pembelajaran Biologi Kelas X di SMA Muhammadiyah Se-Kota Surakarta Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019
Abstract
Penilaian sangat erat kaitannya dengan proses pembelajaran sebagai alat ukur untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mengintepretasikan hasil belajar siswa guna mengetahui sejauh mana ketercapaian tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan profil instrumen penilaian pembelajaran biologi kelas X di SMA Muhammadiyah se-Kota Surakarta semester genap tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan termasuk penelitian deskriptif kualitatif, populasi meliputi seluruh instrumen penilaian pembelajaran biologi kelas X yang dibuat oleh guru SMA Muhammadiyah se-Kota Surakarta. Sampel diperoleh menggunakan purposive sampling. Data yang digunakan berupa dokumen RPP, kemudian diidentifikasi berdasarkan penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik dari aspek kontruksi, substansi, dan bahasa. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif dengan indikator yang telah dibuat. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa profil instrumen penilaian pembelajaran biologi kelas X di SMA Muhammdiyah se-Kota Surakarta semester genap tahun ajaran 2018/2019 memiliki instrumen penilaian kognitif dalam kategori baik (75%), instrumen penilaian afektif termasuk sangat baik (81,25%), dan instrumen penilaian psikomotorik termasuk baik (72,92%). Jika dilihat berdasarkan sekolah yang diamati, diperlihatkan bahwa SMA Muhammadiyah 1 dan 6 Surakarta memiliki instrumen penilaian pembelajaran dalam kategori baik (67,78% dan 65%) dan SMA Muhammadiyah 2 dan 3 Surakarta termasuk sangat baik (90,56% dan 82,22%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa profil instrumen penilaian pembelajaran biologi kelas X semester genap di SMA Muhammadiyah se-Kota Surakarta tahun ajaran 2018/2019 dalam kategori baik (76,39%).