Tecnological Content Knowledge Guru IPA Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Sawit pada Materi Sistem Pernafasan Ditinjau dari Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran
Abstract
Guru merupakan salah satu faktor penting dalam pendidikan, selain memiliki tugas untuk meningkatkan mutu pendidikan seorang guru juga harus mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sebagai seorang guru bukan hanya dituntut untuk menguasai materi ajar, tetapi seiring perkembangan zaman guru juga harus mampu mengikuti perkembangan teknologi dan informasi guna mempermudah guru dan siswa dalam pembelajaran. TCK (Technological Content Knowledge) merupakan pengetahuan yang harus dimiliki oleh setiap guru yang meliputi keseimbangan pengetahuan teknologi dan materi. Penelitian ini berfungsi untuk mengetahui TCK guru IPA kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Sawit pada materi sistem pernafasan ditinjau dari rencana pelaksanaan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengambilan sampel guru dilakukan dengan cara purposive sampling dan mengambil 1 RPP dari masing-masing guru. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, TCK guru IPA kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Sawit termasuk dalam kategori kurang baik dengan presentase sebesar 41, 6%.