• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya
    • Seminar Nasional KBSP IV 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya
    • Seminar Nasional KBSP IV 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Bank Soal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas dengan Tampilan Multimedia berbasis Computerized Based Testing

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (621.8Kb)
    Date
    2016
    Author
    Suhardi, Iwan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Walaupun kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia begitu utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, perkembangan pelajaran bahasa Indonesia dalam ranah pendidikan belum banyak tersentuh oleh kemajuan teknologi pembelajaran. Pelajaran bahasa Indonesia pada hakikatnya adalah belajar berkomunikasi. Sebagai pelajaran yang berkonteks ‘bahasa’, pelajaran bahasa Indonesia mempunyai kompetensi yang cukup kompleks antara lain menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Proses pengajaran bahasa Indonesia di sekolah tidak berubah secara signifikan dari waktu ke waktu. Proses pengajaran bahasa Indonesia di sekolah umumnya masih berbasis pada tulisan/teks dan belum menggunakan sarana multimedia untuk lebih mendukung efektivitas daya tangkap peserta didik. Selama ini kompetensi menyimak (mendengarkan dan memahami suatu bacaan/cerita) belum dapat dilakukan secara efektif mengingat keterbatasan alat dan kemampuan guru. Penggunaan teknologi komputer memungkinkan proses penilaian yang tidak dapat dilakukan dengan model kertas dan pensil (pencil and paper test). Teknologi komputer memungkinkan melakukan kombinasi multimedia berupa tulisan, suara, gambar, dan video pada proses penilaiannya. Penelitian ini berupaya untuk mengembangkan bank soal berbasis multimedia yang terdiri dari teks, suara, gambar, dan video yang dikemas dalam bentuk program berbasis Computerized Based Testing (CBT) berdasarkan kurikulum 2013. CBT yang dikembangkan telah divalidasi oleh pakar bahasa Indonesia dan pakar psikometri serta diujicobakan pada siswa. Pengembangan bank soal tersebut diharapkan lebih relevan dengan kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia. Bank soal yang berbasiskan multimedia tersebut menyesuaikan kompetensi bahasa Indonesia terutama dari aspek menyimak dan membaca. Pemberian tes dalam bentuk butir soal multimedia diharapkan dapat lebih memberikan peningkatan penilaian pada aspek keterampilan kognitif dan kemampuan memecahkan masalah dibandingkan dengan tes yang hanya berbasis teks yang lebih berfokus pada aspek pengetahuan siswa. Dari hasil validasi pakar, paket-paket soal berbasis multimedia ini menghasilkan nilai rata-rata untuk aspek kelayakan paket soal secara umum sebesar 4,45 (paket soal layak digunakan) dan kesesuaian butir soal sebesar 4,36 (butir soal relevan dari aspek materi, kontruksi, dan bahasa). Dari pandangan guru menghasilkan penilaian yang sangat positif, serta dari penilaian siswa 90% memilih model penilaian menggunakan CBT dibandingkan model kertas dan pensil.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11385
    Collections
    • Seminar Nasional KBSP IV 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV