• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya
    • Seminar Nasional KBSP IV 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya
    • Seminar Nasional KBSP IV 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Text Silabus Bahasa Inggris Kelas VII pada Kurikulum 2013 pada SMP Negeri 1 Sukoharjo

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (398.3Kb)
    Date
    2016
    Author
    Rahayuningsih, Sri Puji
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurikulum merupakan jantung dari sebuah system pendidikan. Kurikulum merupakan cara bagaimana lembaga pendidikan dalam hal ini sekolah, harus megambil langkah dalam mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum juga mengatur semua manajemen sekolah termasuk silabus untuk semua mata pelajaran yang akan diimplementasikan di dalam proses belajar mengajar di kelas. Beberapa ahli telah merumuskan petunjuk silabus dan semua persyaratan ataupun indicator yang bisa memfasilitasi guru dalam melaksanakan atau menyampaikan materi atau bahan ajar saat berlangsungnya proses belajar mengajar di kelas. Ada dua jenis silabus yaitu sintetik atau silabus berdasarkan produk serta silabus analitis atau silabus berdasarkan proses. Silabus sintetik sendiri terdiri dari tiga jenis, yaitu Pendekatan Struktural, Silabus situasional, dan Silabus fungsional. Sedangkan Silbus Analitis terdiri dari Prosedur, Proses, Silabus berdasarkan gugus tugas, Silabus Siswa Terbimbing dan Pendekatan Proporsional. Kurikulum yang berkembang di Indonesia telah mengalami berbagai perubahan sesuai dengan perkembangan pendidikan di dunia. Seiring dengan perubahan kurikulum dari berbagai periode waktu, maka silabus pembelajaranpun juga mengalami penyesuaian terhadap perubahan tersebut. SMP Negeri 1 Sukoharjo sebagai salah satu sekolah sasaran telah mengaplikasikan Kurikulum 2013 tersebut selama tiga tahun. Inti dari implementasi Kurikulum 2013 pada proses belajar mengajar di kelas adalah penerapan pendekatan saintifik dengan lima tahap pembelajaran yaitu mengamati (observing), menanya (questioning), mengumpulkan informasi (experimenting), mengasosiasi Associating), dan mengomunikasi (communicating). Hasil dari analisis silabus Kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Inggris untuk kelas VII menunjukkan bahwa silabus tersebut termasuk dalam silabus analitis dan mempunyai susunan yang baik pada penyusunan tingkatan kesulitan materi (grading) dan pada urutan materi dalam silabus (sequencing).
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11462
    Collections
    • Seminar Nasional KBSP IV 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV