Karakteristik dan Rantai Perjalanan Pengunjung Pasar Tradisional di Kota Makassar
View/ Open
Date
2013Author
Pasra, Mubassirang
Pallu, M. Saleh
Adisasmita, S. Adji
Ramli, M. Isran
Metadata
Show full item recordAbstract
Perjalanan berbelanja ke pasar tradisional di kota-kota besar di Indonesia telah menimbulkan dampak berupa kemacetan sistem transportasi.Dalam konteks menemukan solusi atas masalah tersebut, studi ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik sosio-demografi dan menemu-kenali atribut rantai perjalanan pengunjung pasar tradisional dengan studi kasus pengunjung Pasar Niaga Daya, salah satu pasar tradisional yang terbesar di Kota Makassar.Studi ini melakukan survei wawancara berbasis kuesioner terhadap sejumlah pengunjung pasar secara acak.Berbagai karakteristik sosio-demografi individu seperti ukuran rumah tangga, pekerjaan, pendapatan, dan lain-lain termuat dalam kuesioner survei.Lebih jauh, atribut rantai perjalanan individu dalam melakukan perjalanan ke dan dari pasar tradisional juga dielaborasi dalam kuesioner, khususnya lama waktu perjalanan ke pasar, dan lama waktu berbeblanja di pasar.Teknik analisis data dengan menggunakan pendekatan statistik deskriptif digunakan untuk mengungkapkan karakteristik sosio-demografi dan kedua fenomena atribut rantai perjalanan yang dominan dari pengunjung pasar tradisional tersebut.Lebih jauh, studi ini juga memodelkan distribusi kedua atribut waktu rantai perjalanan tersebut dengan menggunakan pendekatan model time series.Hasil analisis deskriptif memperlihatkan bahwa pengunjung pasar tradisional didominasi oleh wirausaha, dengan jumlah ukuran RT 4 orang, serta dominan memiliki SIM sepeda motor.Dengan mengacu kepada rantai perjalanan yang dominan pada studi ini, yaitu rumah-pasar-rumah, diperoleh model polynomial orde-3 yang lebih sesuai dengan bentuk distribusi atribut waktu perjalanan dan lama waktu berbelanja dari rantai perjalanan pengunjung pasar.Hasil studi ini menjadi dasar untuk analisis lanjutan terhadap perilaku perjalanan pengunjung pasar tradisional seperti studi tentang pemilihan waktu keberangkatan, pola dan moda perjalanan ke dan dari pasar tradisional.