Show simple item record

dc.contributor.authorZubair, Achmad
dc.contributor.authorSamang, Lawalenna
dc.contributor.authorSelintung, Mary
dc.contributor.authorUsman, Hanafi
dc.date.accessioned2019-08-23T06:19:57Z
dc.date.available2019-08-23T06:19:57Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.citationAly, S.H., Selintung, M., Ramli, M.I., Sumi, T., (2011),Study on emission measurement of vehicle on road based on binomial logit model,Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, Vol. 9, pp. 784 – 795. Arafah, M., Ramli, M., I., Aly, S. H., danSelintung, M., (2013a),“Studi karakteristik sepeda motor di Kota Makassar”Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil ITS, Pebruari 2013. Arafah, M., Ramli, M., I., Aly, S. H., danSelintung, M., (2013b),“Analisis level emisi karbon monoksida dan hidrokarbon sepeda motor di Kota Makassar”Journal Rekayasa Transportasi, Vol. 02(01) pp.129-136. Beydoun, M., and Jean, M.G., (2006),“Vehicle characteristic and emissions: logit and regression analysis of I/M data from Massachusetss, Maryland and Illinois”Transportation Research, Part D, Vol. 11 pp.59-76. Bin, O. (2003),A logit analysis of vehicle emissions using inspection and maintenance testing data. Transportation Research, Part B, 8, 215-227. Hwang, K. P., Tseng, P., (2007) CO2 emission: status, reduction policy and management strategy of Taiwan’s transportation sector. Proceeding of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, Vol. 6. Pemerintah Republik Indonesia, (1999),Peraturan Menteri RI, No. 41 Tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara, Jakarta, Indonesia Pemprov Sulsel, (2012), Sulsel Dalam Angka, Badan Pusat Statistik Provinsi Sulsel. Simamora, A. P., (2006), “Garages ask for speedier emission testing approval.” The Jakarta Post-The Journal of Indonesia Today, City News. http://www.thejakartapost.com May 01 2006. Sudarmanto, B.N., Fujiwara, A., Zhang, J., Senbil, M., (2007), Bivariate probit model of on-road emission measurement of passenger cars in Jakarta City,Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, Vol. 7, pp. 1377 – 1388. Sudarmanto, B.N., Fujiwara, A., and Zhang, J., (2010), Analysis of inspection and maintenance program for in-use motorcycles emission in Indonesia,Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, Vol. 8, pp. 1015 – 1026.id_ID
dc.identifier.isbn978-979-636-149-6
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11545
dc.description.abstractPeningkatan populasi kendaraan secara cepat dan tingkat aktivitas rumah tangga dan industri serta berbagai aktivitas masyarakat di Kota Makassar telah menimbulkan peningkatan pencemaran udara di Kota Makassar.Dalam rangka mencari solusi pemecahan masalah pencemaran udara di Kota Makassar, maka terlebih dahulu perlu diketahui gambaran tentang kondisi tingkat polusi udara yang ada.Untuk itu, studi ini bertujuan mengevaluasi tingkat pencemaran udaran yang sedang terjadi di Kota Makassar.Penelitian ini melakukan pengukuran tingkat polusi udara pada tiga lokasi yang mewakili aktivitas permukiman, terminal, dan pasar. Ketiga titik lokasi yang dijadikan sampel pengujian kualitas udara tersebut adalah di Pasar Sentral Makassar, Pelabuhan Soekarno-Hatta, dan Terminal Regional Daya di Kota Makassar. Pengukuran pencemaran udara menggunakan peralatan mobile laboratory yang ditempatkan pada sisi jalan selama periode waktu tertentu.Survei ini mengukur kualitas Carbon Monoksida (CO), Nitrogen (NO2), dan Sulfur Diosida (SO2). Hasil pengukuran ketiga jenis polutan tersebut menunjukkan bahwauntuk Pelabuhan Makassar, kualitas Carbon Monoksida (CO) menempati angka 160,33 ppm, sedangkan Nitrogen (NO2) angka 118,05 ppm,dan Sulfur Diosida (SO2) berada pada angka 30,75 ppm. Untuk Terminal Regional Daya, angka CO berada pada 103,03 ppm, NO2 38,85 ppm,dan SO2 20,14 ppm.Evaluasi terhadap nilai-nilai tingkat pencemaran ini mengindikasikan bahwa kondisi pencemaran udara pada lokasi survei masuk pada kategori tercemar sesuai Indeks Status Mutu (ISM), dan masuk pada kategori sedang berbahaya bila mengacu pada Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU). Buruknya koondisi tingkat pencemaran ini dapat disebabkan oleh karena lokasi pengambilan sampel berada pada lokasi yang sangat tinggi tingkat polusinya, misalnya di lokasi Pasar Sentral, Terminal Daya dan Pelabuhan Makassar yang padat akan aktivitas niaga dan kendaraan sehingga memiliki polusi tinggi. Untuk itu, diperlukan penelitian lebih lanjut secara komperehensif terhadap berbagai aspek mengenai kondisi tingkat pencemaran udara di Kota Makassar.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Teknik Sipil III 2013id_ID
dc.titleStudi Tingkat Pencemaran Udara di Kota Makassarid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record