Show simple item record

dc.contributor.authorAli, Nur
dc.contributor.authorArfan, Halidin
dc.contributor.authorPatanduk, J
dc.contributor.authorHustim, Muralia
dc.date.accessioned2019-08-23T06:22:08Z
dc.date.available2019-08-23T06:22:08Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.citationAffan, M. Perilaku Aspal Porus Diuji dengan Alat Marshall dan Wheel Tracking Machine. Simposium III FSTPT, ISBN no. 979-96241-0-X. Diana. I, W., Siswosoebrotho. B. I, Karsaman. R. B. Sifat-Sifat Teknik dan Permeabilitas pada Aspal Porus. Simposium III FSTPT, ISBN no. 979-96241-0-X. Diana, I. W. 2007. Engineering Properties and Permeability Performance of Porous Asphalt.Master Theses from JBPT ITB PP. Djumari, D. Sarwono. 2009. Perencanaan Gradasi Aspal Porus Menggunakan Material Lokal dengan Metode Pemampatan Kering. Jurnal penelitian Media Teknik Sipil Volume IX:9-14. Hardiman. 2008. Drainage Time of Porous Asphalt Mixes Due to The Various Propotion and Concentration of Soils, Dinamika Teknik Sipil, Volume 8, Nomor 1, Januari : 52-58. Hwee, L. B, Guwe, V. 2004. Performance Related Evaluation of Asphalt Porous Mix Design, Prosiding of Malaysia Road Conference, Kuala Lumpur, Malaysia. Nurazwar. Z, Setiawan. T, Setiawati. Y. Studi Perilaku Campuran Aspal Berpori Terhadap Proporsi Agregat Kasar.Jurnal Penelitian Media Teknik No. 4 Tahun XXIII Edisi Nopember 2001 No.ISSN 0216-3012. Penuntun Praktikum edisi kelima. 2009. Laboratorium Rekayasa Transportasi Jurusan Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Sarwono. D, Wardhani. A. K. 2007. Pengukuran Sifat Permeabilitas Campuran Porous Asphalt. Jurnal penelitian Media Teknik Sipil, Edisi Juli:131-138. Setyawan, A. 2005.Observasi Propertis Aspal Porus Berbagai Gradasi dengan Material Lokal.Jurnal penelitian Media Teknik Sipil, 15-20. Specification for Porous Asphalt. 2008. Road Engineering Association of Malaysia joint with Jabatan Kerja Raya Malaysia. Sukirman, S. 1999. Perkerasan Lentur Jalan raya.Bandung:Nova. Sukirman, S. 2003. Beton Aspal Campuran Panas.Bandung:Granit.id_ID
dc.identifier.isbn978-979-636-149-6
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11546
dc.description.abstractCampuran aspal berpori (Porous Asphalt) adalah salah satu jenis campuran aspal yang sedang dikembangkan untuk konstruksi wearing course untuk dapat digunakan di Indonesia. Campuran aspal ini menggunakan gradasi terbuka (open graded) yang didominasi oleh agregat kasar, untuk mendapatkan pori yang cukup tinggi sehingga diperoleh tingkat permeabilitas campuran yang tinggi, dimana permeabilitas difungsikan untuk subsurface drain. Di sisi lain, peningkatan kebutuhan aspal secara nasional di Indonesia tidak dapat dipenuhi oleh produksi aspal minyak dalam negeri, sehingga setengah dari jumlah tersebut masih harus diimpor. Salah satu alternatif yang dapat dipertimbangkan untuk mengurangi impor aspal minyak adalah memanfaatkan sumber daya mineral alam yang terdapat di Pulau Buton yaitu Asbuton. Dalam konteks kedua isu tersebut, studi ini bertujuan menganalisis tingkat permeabilitas campuran aspal berpori yang menggunakan asbuton sebagai bahan pengikat campuran. Dalam hal ini, akan dilihatsejauh mana penggunaan Asbuton dapat menunjang kinerja campuran aspal berpori, mengingat dalam Asbuton mengandung mineral yang dapat menyumbat pori-pori yang ada dalam campuran.Studi ini berbasis penelitian ekperimental di laboratorium, dimana jenis gradasi campuran aspal berpori yang digunakan adalah gradasi Jepang. Penelitian menggunakan 60 briket benda uji untuk 5 variasi kadar aspal dalam rangka menentukan nilai kadar aspal optimum campuran. Selanjutnya, dilakukan pengujian waktu pengaliran air di dalam campuran aspal berpori pada kondisi campuran optimum yang menggunakan 12 briket benda uji.Berbagai kinerja campuran aspal berpori dianalisis lebih lanjut berdasarkan data-data hasil pengujian, nilai cantabro, nilai porositas, nilai permeabilitas dan lain-lain.Hasil-hasil pengujian dan analisis memperlihatkan bahwa campuran aspal berpori berbasis asbuton yang menggunakan gradasi Jepang mempunyai Cantabro sebesar13,01%, nilai porositas sebesar 15,81%, nilai kecepatan pengaliran sebesar 0,143 cm/dtk, nilai Binder drain-down sebesar 0,08%, dan nilai stabilitas marshall sebesar 952,92 kg.Hasil-hasil ini mengindikasikan potensi kelayakan yang cukup dalam penggunaan campuran aspal berpori berbasis Asbuton.Namun demikian, masih diperlukan analisis lebih lanjut terkait dengan kinerja durabilitas campuran aspal berpori pada berbagai variasi kondisi lingkungan yang beriklim tropis seperti Indonesia.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Teknik Sipil III 2013id_ID
dc.titleStudi Permeabilitas Campuran Aspal Berpori Berbasis Aspal Buton (Asbuton)id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record