Analisis Waktu Tempuh Sepeda Motor di Jalan Arteri Kota Makassar
View/ Open
Date
2013Author
Azis, Muhammad Andry
Arafah, Muhammad
Ramli, Muhammad Isran
Aly, Sumarni Hamid
Metadata
Show full item recordAbstract
Tingkat pertumbuhan sepeda motor di Indonesia telah membawa dampak kemacetan di jalan-jalan perkotaan khususnya pada kondisi lalu lintas heterogen. Dalam rangka menemukan solusi pemecahan masalah, untuk optimalisasi pemanfaatan dan percepatan pembangunan infrastruktur transportasi darat, maka terlebih dahulu diperlukan upaya untuk menemu kenali perilaku lalu lintas sepeda motor di jalanan. Dalam konteks ini, studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perilaku percepatan dan perlambatan kendaraan sepeda motor pada kondisi lalu lintas heterogen. Studi kasus terhadap perilaku tersebut dilakukan pada jaringan jalan arteri di KotaMakassar. Pengumpulan data dilakukan dengan survai pengukuran kecepatan kendaraan detik per detik dengan menggunakan alat GPS. Metode survey kecepatan untuk kendaraan uji mengadopsi metode floating car. Survei dilakukan untuk tiga periode puncak lalu lintas yaitu periode puncak pagi, siang dan petang. Analisis data meliputi penentuan nilai-nilai percepatan dan perlambatan berdasarkan perubahan nilai-nilai kecepatan setiap detiknya. Studi ini lebih jauh menganalisis secara komparasi perilaku percepatan dan perlambatan kendaraan sepeda motor dengan menggunakan analisis uji statistik. Hasil-hasil analisis memperlihatkan bahwa perilaku perlambatan lebih dominan terjadi dibanding perilaku percepatan. Uji komparasi perilaku percepatan dan perlambatan antar ketiga periode puncak lalu lintas tidak memberikan perbedaan yang signifikan. Hasil studi menjadi dasar untuk menganalisis perilaku waktu tempuh pengendaraan sepeda motor pada studi-studi lanjutan.