Show simple item record

dc.contributor.authorAzis, Muhammad Andry
dc.contributor.authorArafah, Muhammad
dc.contributor.authorRamli, Muhammad Isran
dc.contributor.authorAly, Sumarni Hamid
dc.date.accessioned2019-08-23T06:26:37Z
dc.date.available2019-08-23T06:26:37Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.citationAbulebu, H., Ramli, M.I., dan Harianto, T., (2012), A Study on the Motorcycle Speed of One-Directional Urban Roads in Makassar. Proceeding of the 15th FSTPT International Symposium. Aly, S.H., Selintung, M., Wunas, S., Sasmita, S.A., dan Ramli, M.I., (2012), Running Vehicle Emission Factors of Vehicle Fleet in Makassar, Indonesia. Proceeding of the 8th International Symposium on Lowland Technology. Asri, A., Ramli, M.I., dan Samang, L., (2011)Motorcyclist acceptability on road safety policy: Motorcycle exclusive lane in Makassar.Proceeding ofthe 14th FSTPT International Symposium, Pekanbaru, Riau, November 11-12, 2011. Asri, A., Ramli, M.I., Ali, N., dan Samang, L., (2012)A study on motorcycle ownership of residential households in Makassar. Proceeding ofthe 15th FSTPT International Symposium, STTD Bekasi, November 23-24, 2012. Azis, M.A., Ramli, M.I., dan Aly, S.H., (2012)The real world driving cycle of motorcycle on an arterial urban route in Makassar - Indonesia. Proceeding ofthe International Seminar On Infrastructure Development In ClusterIsland Eastern Part of Indonesia, Bau-Bau, January19th, 2013. Chandra, S., and Kumar, U., (2003)Effect of Lane Width on Capacity under Mixed Traffic Condition in India. Journal of Transportation Engineering, Mar. Apr., 155-160. Hustim, M., Anai, K., dan Fujimoto, K.,(2011)Survey on Road Traffic Noise in Makassar City in Indonesia: Effect of Horn on Noise Level. Proceeding of the 40th Conference of Architectural Institute of Japan, Kyushu Branch. Hustim, M., dan Fujimoto, K., (2012), Road Traffic Noise under Heterogeneous Traffic Condition in Makassar City, Indonesia. Journal of Habitat Engineering and Design, Vol. 4, No. 1, pp. 109 – 118. Minh, C.C., Sano, K., dan Matsumoto, S., (2005)The Speed, Flow and Headway Analyses of Motorcycle Traffic. Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, Vol.6, pp. 1496-1508. Minh, C.C., Sano, K., Mai, T.T., and Matsumoto, S. 2010. Development of Motorcycle Unit for Motorcycle-Dominated Traffic. Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, Vol.8, pp. 1596-1608. Nakatsuji, T., Hai, N.G., Taweesilp, S., and Tanaboriboon, T. 2001. Effect of Motorcycle on Capacity of Signalized Intersections. Infrastructure Planning Review, Sep., 935-942. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, (2012) Sulawesi Selatan dalam Angka, Badan Pusat Satistik, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Putranto, L.S., Suardika, G.P., Sunggiardi, R., Munandar, A.S., and Lutfi, I. 2011. The Performance of Motorcycle Lanes in Jakarta and Sragen. Proceeding of the 9th Conference of the Eastern Asia Society for Transportation Studies. Zakaria, A., Aly, S.H., Ramli, M.I. 2011. Distribution Model of Motorcycle Speed on Divided Roadway in Makassar. Proceeding of the 14th FSTPT International Symposium.id_ID
dc.identifier.isbn978-979-636-149-6
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11548
dc.description.abstractTingkat pertumbuhan sepeda motor di Indonesia telah membawa dampak kemacetan di jalan-jalan perkotaan khususnya pada kondisi lalu lintas heterogen. Dalam rangka menemukan solusi pemecahan masalah, untuk optimalisasi pemanfaatan dan percepatan pembangunan infrastruktur transportasi darat, maka terlebih dahulu diperlukan upaya untuk menemu kenali perilaku lalu lintas sepeda motor di jalanan. Dalam konteks ini, studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perilaku percepatan dan perlambatan kendaraan sepeda motor pada kondisi lalu lintas heterogen. Studi kasus terhadap perilaku tersebut dilakukan pada jaringan jalan arteri di KotaMakassar. Pengumpulan data dilakukan dengan survai pengukuran kecepatan kendaraan detik per detik dengan menggunakan alat GPS. Metode survey kecepatan untuk kendaraan uji mengadopsi metode floating car. Survei dilakukan untuk tiga periode puncak lalu lintas yaitu periode puncak pagi, siang dan petang. Analisis data meliputi penentuan nilai-nilai percepatan dan perlambatan berdasarkan perubahan nilai-nilai kecepatan setiap detiknya. Studi ini lebih jauh menganalisis secara komparasi perilaku percepatan dan perlambatan kendaraan sepeda motor dengan menggunakan analisis uji statistik. Hasil-hasil analisis memperlihatkan bahwa perilaku perlambatan lebih dominan terjadi dibanding perilaku percepatan. Uji komparasi perilaku percepatan dan perlambatan antar ketiga periode puncak lalu lintas tidak memberikan perbedaan yang signifikan. Hasil studi menjadi dasar untuk menganalisis perilaku waktu tempuh pengendaraan sepeda motor pada studi-studi lanjutan.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Teknik Sipil III 2013id_ID
dc.titleAnalisis Waktu Tempuh Sepeda Motor di Jalan Arteri Kota Makassarid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record