dc.identifier.citation | Acar, H. (2014). Learning Environments for Children in Outdoor Spaces. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 846–853. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.147 Baycan-levent, T., & Nijkamp, P. (2009). Planning and Management of Urban Green Spaces in Europe : Comparative Analysis Urban Green Spaces : Perspective, (March), 1–12. Cho, S., Poudyal, N. C., & Roberts, R. K. (2007). Spatial analysis of the amenity value of green open space ☆, 6. https://doi.org/10.1016/j.ecolecon.2007.10.012 Ives, C. D., Gordon, A., Oke, C., Raymond, C. M., Hehir, A., & Bekessy, S. A. (2017). Spatial scale influences how people value and perceive green open space open space, 0568(November). https://doi.org/10.1080/09640568.2017.1388219 Khotdee, M., Singhirunnusorn, W., & Sahachaisaeree, N. (2012). Effects of Green Open Space on Social Health and Behaviour of Urban Residents : A Case Study of Communities in Bangkok. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 36(June 2011), 449–455. https://doi.org/10.1016/j. sbspro.2012.03.049 Mirrahmi, S. Z., Tawil, N. M., Abdullah, N. A. G., Surat, M., & Usman, I. M. S. (2011). Developing conducive sustainable outdoor learning: The impact of natural environment on learning, social and emotional intelligence. Procedia Engineering, 20, 389–396. https://doi.org/10.1016/j. proeng.2011.11.181 Orion, N. I. R., Hofstein, A. V. I., Giddings, G. J., & Al, O. E. T. (1996). Development and Validation of an Instrument for Assessing the Learning Environment of Outdoor Science Activities. Peercy, M. M., & Troyan, F. J. (2017). Making transparent the challenges of developing a practice based pedagogy of teacher education. Teaching and Teacher Education, 61, 26–36. https://doi. org/10.1016/j.tate.2016.10.005 Ramasundaram, V., Grunwald, S., Mangeot, A., Comerford, N. B., & Bliss, C. M. (2005). Development of an environmental virtual field laboratory. Computers and Education, 45(1), 21–34. https:// doi.org/10.1016/j.compedu.2004.03.002 | id_ID |
dc.description.abstract | Ruang Terbuka Hijau adalah lahan terbuka yang berfungsi sebagai Ruang Terbuka Hijau
(RTH) di area perkotaan. Fungsi keberadaan Taman Kota dapat menjadi fungsi estetika, sarana
kegiatan rekreasi, pendidikan atau kegiatan lainnya. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana
kontribusi geografis untuk penelitian tentang ruang terbuka hijau sebagai fungsi edukasi. Melalui
pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau untuk pembelajaran, maka dapat diperoleh pemanfaatan RTH
sebagai tempat melakukan aktivitas pembelajaran berbasis lingkungan dan dapat menganalisis
dan memahami karakteristik lingkungan, memahami konsep lingkungan, interkoneksi/
keterkaitan keberlanjutan dan perubahan dalam lingkungan. Metode yang digunakan adalah
dengan survei melalui teknik deskriptif Ruang Terbuka Hijau di Kota Tasikmalaya merupakan
bagian dari penataan ruang suatu kawasan perkotaan yang diisi oleh tumbuhan dan tanaman
guna mendukung manfaat ekologi, sosial, budaya, ekonomi, dan estetika, serta berfungsi sebagai
kawasan lindung. Adanya beberapa ketidak sesuaian atau penyimpangan fungsi taman kota
sebagai ruang terbuka hijau yang terjadi di lapangan, seperti adanya para pedagang kaki lima
(PKL), menjadi tempat nongkrong bagi anak sekolah dan lain-lain. | id_ID |