Kajian Persepsi dan Dampak Berganda (Multiplier Effect) Masyarakat untuk Pengembangan Pariwisata Lembah Asri Serang di Desa Serang Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga
View/ Open
Date
2019Author
Sarjanti, Esti
Rahmawati, Nur Kartika
Sriwanto, Sigid
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan dampak berganda (multiplier effect)
untuk pengembangan objek pariwisata lembah asri serang (D’LAS) di Desa Serang Kecamatan
Karangreja Kabupaten Purbalingga. Data yang digunakan yaitu data primer berupa persepsi,
pendapatan dan pengeluaran tenaga kerja, pelaku usaha dan wisatawan yang diperoleh melalui
kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu tenaga kerja berjumlah 30 orang, pelaku usaha
berjumlah 47 orang dan wisatawan yang tak pasti. Sampel tenaga kerja dan pelaku usaha diperoleh
menggunakan teknik random sampling (20%) dari populasi dengan jumlah 14 orang tenaga kerja
dan 16 orang pelaku usaha, sedangkan wisatawan berjumlah 20 orang yang diambil dengan
teknik incidental sampling. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan multiplier effect.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu persepsi tenaga kerja memberikan penilaian
sebesar 87,3% dan pelaku usaha memberikan penilaian sebesar 86,8% yang artinya kondisi
objek pariwisata sangat baik, sedangkan wisatawan memberikan penilaian sebesar 73,8% dengan
kategori baik terhadap kondisi objek Dampak berganda (multiplier effect) bagi masyarakat
meliputi dampak langsung, tidak langsung dan lanjutan yang dihitung dengan rumus multiplier
effect. Hasil Keynesian Income Multiplier diperoleh sebesar 7,9 yang artinya dampak berganda
memberikan dampak ekonomi yang besar terhadap kegiatan wisata karena nilainya diperoleh
lebih besar dari 1 (1), sedangkan Ratio Income Multiplier Tipe I diperoleh sebesar 1,6 dan Ratio
Income Multiplier Tipe II sebesar 1,9 artinya dampak ekonomi telah memberikan dampak yang
besar karena nilai Ratio Income Multiplier Tipe I dan Ratio Income Multiplier Tipe II lebih besar
atau sama dengan satu (≥1).