Show simple item record

dc.contributor.authorSarjanti, Esti
dc.contributor.authorRahmawati, Nur Kartika
dc.contributor.authorSriwanto, Sigid
dc.date.accessioned2019-10-21T05:28:34Z
dc.date.available2019-10-21T05:28:34Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.citationArjana, I Gusti. (2016). Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Jakarta: Rajawali Pers Brida, J.G & Zapata, S. (2010). Cruise Tourism: Economic, Sosio-Cultural and Enviromental Impact, Int.J Leisure and Tourism Marketing 1 (3), 205-226 Faizun, Moh. (2009). Dampak Perkembangan Kawasan Wisata Pantai Kartini Pada Masyarakat Setempat Di Kabupaten Jepara. Tesis Program Pascasarjana. Universitas Diponegoro Semarang. Lestari, Ayu. (2015). Analisis Multiplier Effect Ekonomi Perkebunan Kelapa Sawit Di Kabupaten Mesuji. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung: Lampung META (Marine Ecotourism for Atlantic Area). (2001). Planning for Marine Ecotourism in EU Atlantic Area. University of The West Of England, Bristol. Pendit, Nyoman S. (1990). Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: PT Pradya Paramita. Spillane, James J. (1991). Ekonomi Pariwisata; Sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta: Kanisius Slameto. (2010 ). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suwantoro, Gamal. (2004). Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi Surat_Keputusan_Bupati_Purbalingga/No.413.1/81. (2010). Tentang Penetapan Desa Serang Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga Sebagai Desa Wisata: Kabupaten Purbalingga. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah RI tentang Kepariwisataan. Utama & Mahadewi (2012). Metodologi Penelitian Pariwisata & Perhotelan. Yogyakarta: CV Andi Offset.id_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-243-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11630
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan dampak berganda (multiplier effect) untuk pengembangan objek pariwisata lembah asri serang (D’LAS) di Desa Serang Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga. Data yang digunakan yaitu data primer berupa persepsi, pendapatan dan pengeluaran tenaga kerja, pelaku usaha dan wisatawan yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu tenaga kerja berjumlah 30 orang, pelaku usaha berjumlah 47 orang dan wisatawan yang tak pasti. Sampel tenaga kerja dan pelaku usaha diperoleh menggunakan teknik random sampling (20%) dari populasi dengan jumlah 14 orang tenaga kerja dan 16 orang pelaku usaha, sedangkan wisatawan berjumlah 20 orang yang diambil dengan teknik incidental sampling. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan multiplier effect. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu persepsi tenaga kerja memberikan penilaian sebesar 87,3% dan pelaku usaha memberikan penilaian sebesar 86,8% yang artinya kondisi objek pariwisata sangat baik, sedangkan wisatawan memberikan penilaian sebesar 73,8% dengan kategori baik terhadap kondisi objek Dampak berganda (multiplier effect) bagi masyarakat meliputi dampak langsung, tidak langsung dan lanjutan yang dihitung dengan rumus multiplier effect. Hasil Keynesian Income Multiplier diperoleh sebesar 7,9 yang artinya dampak berganda memberikan dampak ekonomi yang besar terhadap kegiatan wisata karena nilainya diperoleh lebih besar dari 1 (1), sedangkan Ratio Income Multiplier Tipe I diperoleh sebesar 1,6 dan Ratio Income Multiplier Tipe II sebesar 1,9 artinya dampak ekonomi telah memberikan dampak yang besar karena nilai Ratio Income Multiplier Tipe I dan Ratio Income Multiplier Tipe II lebih besar atau sama dengan satu (≥1).id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Geografi UMS X 2019id_ID
dc.titleKajian Persepsi dan Dampak Berganda (Multiplier Effect) Masyarakat untuk Pengembangan Pariwisata Lembah Asri Serang di Desa Serang Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalinggaid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record