Pembentukan Kebiasaan (Habbit Formation) Konsumen lewat Penggunaan Media Sosial Elektronik
View/ Open
Date
2108Author
Santoso, Singgih
Oetomo, Budi Sutedjo Dharma
Metadata
Show full item recordAbstract
Salah satu hal fenomena utama dalam dunia teknologi informasi dan telekomunikasi saat ini, khususnya internet,
adalah interaksi manusia dengan sesamanya kewat media social elektronik, seperti Facebook, Line, WA dan
lainnya. Hal ini berdampak pada munculnya sejumlah kebiasaan baru terkait dengan seringnya seseorang
menggunakan gadget, yang dapat mempengaruhi pola perilaku mereka dalam mengkonsumsi produk barang
atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan model penelitian struktural dan mengetahui apakah
variabel Ketergantungan pada Online Social Network berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel
Kepuasan Seseorang, dan apakah variabel Kepuasan Seseorang (Satisfaction) berpengaruh secara positif dan
signifikan terhadap variabel Pembentukan Kebiasaan Bertindak (Habit Formation) Seseorang, khususnya dalam
pembelian barang dan jasa. Disain riset adalah survei menggunakan kuesioner dengan teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah purposive sampling. Menggunakan sejumlah alat uji kelayakan pada model structural
serta pengujian estimasi koefisien hubungan antar variabel, hasil penelitian menunjukkan bahwa Ketergantungan
pada Online Social Network berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel Kepuasan Seseorang,
dan variabel Kepuasan Seseorang berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel Pembentukan
Kebiasaan Bertindak Seseorang. Sejumlah implikasi dikemukakan untuk hasil penelitian tersebut.