Peningkatan Produktivitas pada Proses Belajar Mengajar di Ruang Kelas dengan Menggunakan Stimulasi Cahaya dan Suara untuk Meningkatkan Fokus dan Kenyamanan Peserta Ajar
View/ Open
Date
2019Author
Candra, Henry
Setyaningsih, Endah
Pragantha, Jeanny
Chai, Rifai
Metadata
Show full item recordAbstract
Prduktivitas proses belajar mengajar di ruang kelas sangat dipengaruhi oleh tingkat fokus dan
kenyamanan dari para peserta ajar. Dengan menggunakan stimulasi berupa cahaya dan suara level
fokus dari para peserta di dalam ruang kelas dapat ditingkatkan. Stimulasi cahaya dilakukan dengan
melakukan penyesuaian iluminasi pencahayaan yang sesuai standar dan pemilihan temperatur warna
cahaya. Sedangkan stimulasi suara dilakukan dengan membangkitkan gelombang suara yang memiliki
frekuensi yang beresonansi dengan frekuensi gelombang otak. Pada penelitian ini dilakukan investigasi
untuk mengetahui pengaruh dari kombinasi stimulasi cahaya dan suara di ruang kelas pada peserta
yang sedang mengikuti suatu pelajaran di kelas tersebut. Percobaan dilakukan dengan mempersiapkan
suatu ruang kelas yang dilengkapi dengan penstimulasi cahaya dan suara. Pemantauan level fokus dan
kenyamanan dari para peserta diukur dengan menggunakan kuesioner, di mana para peserta diminta
untuk menilai tingkat kenyamanan dan fokus mereka dengan memilih temperatur warna cahaya yang
paling sesuai untuk masing-masing peserta. Beberapa peserta juga direkam pola gelombang otaknya
dengan menggunakan electroencephalography. Hasil analisis dari kuesioner dan pola gelombang otak
menunjukkan bahwa pengaturan iluminasi dan pemilihan temperatur warna cahaya yang
dikombinasikan dengan stimulasi suara dapat meningkatkan level fokus dan kenyamanan dari para
peserta ajar.