Show simple item record

dc.contributor.authorCandra, Henry
dc.contributor.authorSetyaningsih, Endah
dc.contributor.authorPragantha, Jeanny
dc.contributor.authorChai, Rifai
dc.date.accessioned2020-01-03T06:25:27Z
dc.date.available2020-01-03T06:25:27Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.citationCandra, H., Yuwono, M., Chai, R., Nguyen, H. T., & Su, S. (2017). EEG emotion recognition using reduced channel wavelet entropy and average wavelet coefficient features with normal Mutual Information method. 2017 39th Annual International Conference of the IEEE Engineering in Medicine and Biology Society (EMBC), 463– 466. https://doi.org/10.1109/EMBC.2017.8036862 Corballis, M. C. (2014). Left Brain, Right Brain: Facts and Fantasies. PLOS Biology, 12(1), e1001767. https://doi.org/10.1371/journal.pbio.1001767 Herrmann, C. S., Strüber, D., Helfrich, R. F., & Engel, A. K. (2016). EEG oscillations: From correlation to causality. Research on Brain Oscillations and Connectivity in A New Take-Off State, 103, 12–21. https://doi.org/10.1016/j.ijpsycho.2015.02.003 Homan, R. W. (1988). The 10-20 Electrode System and Cerebral Location. American Journal of EEG Technology, 28(4), 269–279. https://doi.org/10.1080/00029238.1988.11080272 Jahidin, A. H., Ali, M. S. A. M., Taib, M. N., Tahir, N. M., Yassin, I. M., & Lias, S. (2014). Classification of intelligence quotient via brainwave sub-band power ratio features and artificial neural network. Comput. Methods Prog. Biomed., 114(1), 50–59. Mangkuto, R. A., Soelami, F. X. N., & Suprijanto, S. (2009). Study of effect of daylight on Building User’s Performance Based on Electroencephalograph Signal. Proceeding of 10th SENVAR / 1st CONVEESH, Manado, Indonesia, October 2009, 1–7. Metz, A. J., Klein, S. D., Scholkmann, F., & Wolf, U. (2017). Continuous coloured light altered human brain haemodynamics and oxygenation assessed by systemic physiology augmented functional near-infrared spectroscopy. Scientific Reports, 7(1), 10027. https://doi.org/10.1038/s41598-017-09970-z Moghimi, S., Kushki, A., Guerguerian, A.-M., & Chau, T. (2013). A Review of EEG-Based Brain-Computer Interfaces as Access Pathways for Individuals with Severe Disabilities. Assistive Technology: The Official Journal of RESNA, 25, 99–110. https://doi.org/10.1080/10400435.2012.723298 Park, J. Y., Ha, R.-Y., Ryu, V., Kim, E., & Jung, Y.-C. (2013). Effects of Color Temperature and Brightness on Electroencephalogram Alpha Activity in a Polychromatic Light-emitting Diode. Clinical Psychopharmacology and Neuroscience: The Official Scientific Journal of the Korean College of Neuropsychopharmacology, 11(3), 126–131. https://doi.org/10.9758/cpn.2013.11.3.126 Pilorz, V., Tam, S. K. E., Hughes, S., Pothecary, C. A., Jagannath, A., Hankins, M. W., Peirson, S. N. (2016). Melanopsin Regulates Both Sleep-Promoting and Arousal-Promoting Responses to Light. PLOS Biology, 14(6), e1002482. https://doi.org/10.1371/journal.pbio.1002482 Posner, J., Russell, J. A., & Peterson, B. S. (2005). The circumplex model of affect: An integrative approach to affective neuroscience, cognitive development, and psychopathology. Development and Psychopathology, 17(3), 715–734. https://doi.org/10.1017/S0954579405050340 Singh, P., & Arora, R. (2014). Classroom Illuminance: Its impact on Students’ Health Exposure & Concentration Performance. The Lighting Handbook (10th ed.). (2011). IES.id_ID
dc.identifier.issn2686-4274
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11734
dc.description.abstractPrduktivitas proses belajar mengajar di ruang kelas sangat dipengaruhi oleh tingkat fokus dan kenyamanan dari para peserta ajar. Dengan menggunakan stimulasi berupa cahaya dan suara level fokus dari para peserta di dalam ruang kelas dapat ditingkatkan. Stimulasi cahaya dilakukan dengan melakukan penyesuaian iluminasi pencahayaan yang sesuai standar dan pemilihan temperatur warna cahaya. Sedangkan stimulasi suara dilakukan dengan membangkitkan gelombang suara yang memiliki frekuensi yang beresonansi dengan frekuensi gelombang otak. Pada penelitian ini dilakukan investigasi untuk mengetahui pengaruh dari kombinasi stimulasi cahaya dan suara di ruang kelas pada peserta yang sedang mengikuti suatu pelajaran di kelas tersebut. Percobaan dilakukan dengan mempersiapkan suatu ruang kelas yang dilengkapi dengan penstimulasi cahaya dan suara. Pemantauan level fokus dan kenyamanan dari para peserta diukur dengan menggunakan kuesioner, di mana para peserta diminta untuk menilai tingkat kenyamanan dan fokus mereka dengan memilih temperatur warna cahaya yang paling sesuai untuk masing-masing peserta. Beberapa peserta juga direkam pola gelombang otaknya dengan menggunakan electroencephalography. Hasil analisis dari kuesioner dan pola gelombang otak menunjukkan bahwa pengaturan iluminasi dan pemilihan temperatur warna cahaya yang dikombinasikan dengan stimulasi suara dapat meningkatkan level fokus dan kenyamanan dari para peserta ajar.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri XVIII 2019id_ID
dc.titlePeningkatan Produktivitas pada Proses Belajar Mengajar di Ruang Kelas dengan Menggunakan Stimulasi Cahaya dan Suara untuk Meningkatkan Fokus dan Kenyamanan Peserta Ajarid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record