Show simple item record

dc.contributor.authorRatnaningsih, Ika Zenita
dc.contributor.authorPrihatsanti, Unika
dc.contributor.authorPrasetyo, Anggun Resdasari
dc.date.accessioned2020-03-04T06:39:19Z
dc.date.available2020-03-04T06:39:19Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.citationAppleton, J., Christenson, S., Kim, D., & Reschly, A. (2006).Measuring cognitive and psychological engagement: Validation of the Student Engagement Instrument.Journal of School Psychology, 44, 427– 445. Chapman, E. (2003). Alternative approaches to assessing student engagement rates. Practical Assessment Research & Evaluation, 8(13) Dharmayana, I.W., Masrun, Kumara, A., & Wirawan, Y.G. (2012) Keterlibatan siswa (student engagement) sebagai mediator kompetensi emosi dan prestasi akademik.Jurnal Psikologi, 39(1), 76-94 Finn, J. D. (1989). Withdrawing from school.Review of Educational Research, 59, 117–142. Fredricks, J.A., Blumenfeld, P.C., Paris, A.H. (2004). School engagement: Potential of the concept, state of the evidence. Review of educational research spring 3004. 74(1), 59- 109 Fredricks, J.A., McColskey, W. (2012). The measurement of student engagement a comparative analysis of various methods and student self-report instrument.Handbook of research on student engagement 763-782 Handelsman, M. M., Briggs, W. L., Sullivan, N., Towler, A. (2005). A measure of college student engagement.The journal of educational Research, 98, 3, 184-191.Doi : 10.3200/JOER.98.3.184-192 Hu, S., & Kuh, G.D. (2002). Being (dis)engaged in educationally purposeful activities: The influences of student and institutional characteristics. Research in Higher Education. 43: 555-575 Klem, A. M., & Connell, J. P. (2004). Relationships matter: Linking teacher support to student engagement and achievement. Journal of School Health, 74, 262 – 273. LaNasa, S.M., Cabrera, A.F., Trangsrud, H. (2009). The construct validity of student engagement: a confirmatory factor analysis approach. Res High Education. 50: 315-332 Libbey, H. P. (2004). Measuring student relationship to school: Attachment, bonding, connectedness, and engagement.Journal of School Health, 74(7), 274-283 Lietaert, S., Roorda, D., Laevers, F., Verschueren, K., De Fraine, B. (2015). The gender gap in student engagement: The role of teacher’s autonomy support, structure and involvement. The British Journal of Psychology, 85(4), 498-518 Miller, R.L., Amsel, E., Kowalewski, B. M., Beins, B.C., Keith, K.D., Peden, B.F. (2011). Promoting student engagement volume 1:progrmas, techniques and opportunities. Society for teaching of psychology Novitasari, D. (2017). Keterlibatan aktif mahasiswa dalam pemanfaatan lingkungan kampus dan pengaruhnya terhadap prestasi akademik.Tesis.Yogyakarta. Program Magister Manajemen Pendidikan Tinggi Universitas Gadjah Mada. Oey-Gardiner, M., Rahayu, S.I., Abdullah, M.A., Effendi, S., Darma, Y., Dartanto, T., Aruan, C.D. (2017). Era disrupsi: Peluang dan tantangan pendidikan tinggi Indonesia. Jakarta. Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia. Prihatsanti, U., Ratnaningsih, I.Z., Rusmawati, D., Prasetyo, A. R. (2016). The relationship between psychological capital and student engagement among college student.Abstract.International Journal of Psychology. 51: 479 Rizal, M.N. (2017). Menghadapi era disrupsi. Diunduh dari https://www.republika.co.id/berita /jurnalisme-warga/wacana/17/11/24/ozw649440- menghadapi-era-disrupsi. Pada 28 September 2018 Rufaida, A.A, & Prihatsanti, U. (2017).Hubungan efikasi diri akademik dengan student engagement pada mahasiswa FSM Undip yang bekerja paruh waktu.Jurnal Empati 6(4), 143-148 Russell, V. J., Ainley, M., & Frydenberg, E. (2005).Student motivation and engagement.Schooling Issues Digest.Australian Government, Department of Education, Science and Training. Schaufeli, W.B., Salanova, M., Gonzalez-Roma, V., & Bakker, A.B. (2002). The measurement of engagement and burnout: A two sample confirmatory factor analytic approach. Journal of Happiness Studies,3, 71-92 Wahyuningsih, M.N. (2017). Peranan harga diri dan student engagement terhadap penyesuaian sosial mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi.Tesis.Yogyakarta.Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.id_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-250-5
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11895
dc.description.abstractStudent engagement merupakan prediktor penting dalam meraih kesuksesan dalam menempuh studi yang dapat berupa keterlibatan mahasiswa secara perilaku, emosi, dan kognitif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menguji apakah ada perbedaan antara student engagement antara mahasiswa di tahun pertama dan tahun kedua. Begitu pula, perbedaan student engagement antara mahasiswa perempuan dan laki-laki. Subjek dalam penelitian ini adalah 422 mahasiswa (L=30,8%, P=69,2%), yang terdiri dari 177 mahasiswa tahun pertama dan 245 mahasiswa tahun kedua dari sebuah Perguruan Tinggi Negeri di Semarang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Student Engagement Instrument (35 item, α = 0,846 ). Analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan student engagement pada mahasiswa tahun pertama dan tahun kedua (420)=-2,593, p=0,01 (p<0,05) dan ada perbedaan student engagement antara mahasiswa perempuan dan mahasiswa laki-laki dengan t(420)=-2,233, p=0,026 (p<0,05). Mahasiswa tahun kedua memiliki skor student engagement yang lebih tinggi dari mahasiswa tahun pertama dan mahasiswa perempuan memiliki keterlibatan yang lebih tinggi dari mahasiswa laki-laki.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Psikologi UMS 2018id_ID
dc.titlePerbedaan Student Engagement pada Mahasiswa Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Masa Studiid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record