Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality dan Musik Sebagai Media untuk Mengurangi Stres pada Guru di SLBN Purbalingga
View/ Open
Date
2020Author
Asyari, Hasyim
Albari, Abdul Charis
Uletika, Niko Siameva
Metadata
Show full item recordAbstract
Stres merupakan masalah umum dalam kehidupan manusia. Beberapa media yang dapat
digunakan untuk mengurangi stres adalah Virtual reality (VR) dan musik. VR dapat membuat
seseorang berada dalam keadaan mindfulness sementara musik memiliki manfaat untuk
menenangkan jiwa. Salah satu pekerjaan yang memiliki tingkat stres adalah guru, terlebih lagi
pada guru Sekolah Luar Biasa karena tidak hanya mengajar tetapi juga harus mampu menjadi
paramedis dan terapis oleh karena itu guru dipilih sebagai responden pada penelitian ini.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan musik dan VR
untuk mengurangi stres kerja pada guru di SLBN Purbalingga. Heart rate variability (HRV)
digunakan sebagai parameter dalam penelitian ini. HRV adalah salah satu alat yang dapat
digunakan untuk mengukur stres.Untuk menganalisa HRV digunakan metode Time domain dan
Frequency domain. Hasil penelitian ini menunjukan musik dan VR menjadi solusi untuk
mengurangi tingkat stres secara signifikan dengan indikator SDNN (SDNN musik: 40.35 ms,
SDNN VR: 40.35 ms, rMSSD musik: 30.14 ms, rMSSD VR: 40.35 ms, pNN50 musik: 11.81%,
pNN50 VR: 12.13%) dan frequency domain (HF musik: 398.91 ms2, HF VR: 513.91 ms2, nHF
musik: 49.25 n.u, nHF VR: 52.29 n.u) setiap variabel VR menunjukan penurunan stres yang
lebih besar daripada saat mendengarkan musik.