dc.identifier.citation | Dewi, D. R. (2007) ‘Perbedaan tingkat stres kerja antara guru SD dan guru SMP di Kecamatan Pakis Magelang’, Universitas Sanata Dharma. Dewi, M. P. (2015) ‘Studi Metaanalisis: Musik Untuk Menurunkan Stres’, Jurnal Psikologi (Yogyakarta), 36(2), pp. 106–115. Grossman, P. et al. (2004) ‘Mindfulness-based stress reduction and health benefits: A metaanalysis’, Journal of Psychosomatic Research, 57(1), pp. 35–43. Kanehira, R. et al. (2018) ‘Enhanced relaxation effect of music therapy with VR’, ICNC-FSKD 2018 - 14th International Conference on Natural Computation, Fuzzy Systems and Knowledge Discovery. IEEE, pp. 1374–1378. Maharani, E. A. (2017) ‘Pengaruh Pelatihan Berbasis Mindfulness Terhadap Tingkat Stres Pada Guru Paud’, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(2), p. 100. Rina Rosanty (2013) ‘Pengaruh Musik Mozart dalam Mengurangi Stres pada Mahasiswa yang Sedang Skripsi’, 3(201), p. 397. Risi, D. & Palmisano, S. 2019, ‘Effects of postural stability, active control, exposure duration and repeated exposures on HMD induced cybersickness’, Displays, vol. 60, no. August, pp. 9– 17. Ritvanen, T. et al. (2006) ‘Responses of the autonomic nervous system during periods of perceived high and low work stress in younger and older female teachers’, Applied Ergonomics, 37(3), pp. 311–318. Setiawan, M. R. (2019) ‘Analisis Faktor Resiko Stress Akibat Kerja Pada Pekerja Sektor Formal dan Sektor Informal di Kota Semarang’, MEDICA ARTERIANA (Med-Art), 1(1), p. 29. Shaffer, F. and Ginsberg, J. P. (2017) ‘An Overview of Heart rate variability Metrics and Norms’, Frontiers in Public Health, 5(September), pp. 1–17. Uliano, K. C.; Lambert, E. Y.; Kennedy, R. S.; Sheppard, D. J. The effects of asynchronous visual delays on simulator flight performance and the development of simulator sickness symptomatology. Orlando, FL: Naval Training Systems Center Widiastuti, R., Sulistiani, P. and Kurniawan, V. R. B. (2017) ‘Analisis beban kerja mental guru untuk perbaikan sistem pembelajaran sekolah luar biasa (SLB) kategori b ( studi kasus : SLB-B Karnnamanohara Yogyakarta )’, IEJST (Industrial Engineering Journal of The University of Sarjanawiyata Tamansiswa, 1(1), pp. 17–26. | id_ID |
dc.description.abstract | Stres merupakan masalah umum dalam kehidupan manusia. Beberapa media yang dapat
digunakan untuk mengurangi stres adalah Virtual reality (VR) dan musik. VR dapat membuat
seseorang berada dalam keadaan mindfulness sementara musik memiliki manfaat untuk
menenangkan jiwa. Salah satu pekerjaan yang memiliki tingkat stres adalah guru, terlebih lagi
pada guru Sekolah Luar Biasa karena tidak hanya mengajar tetapi juga harus mampu menjadi
paramedis dan terapis oleh karena itu guru dipilih sebagai responden pada penelitian ini.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan musik dan VR
untuk mengurangi stres kerja pada guru di SLBN Purbalingga. Heart rate variability (HRV)
digunakan sebagai parameter dalam penelitian ini. HRV adalah salah satu alat yang dapat
digunakan untuk mengukur stres.Untuk menganalisa HRV digunakan metode Time domain dan
Frequency domain. Hasil penelitian ini menunjukan musik dan VR menjadi solusi untuk
mengurangi tingkat stres secara signifikan dengan indikator SDNN (SDNN musik: 40.35 ms,
SDNN VR: 40.35 ms, rMSSD musik: 30.14 ms, rMSSD VR: 40.35 ms, pNN50 musik: 11.81%,
pNN50 VR: 12.13%) dan frequency domain (HF musik: 398.91 ms2, HF VR: 513.91 ms2, nHF
musik: 49.25 n.u, nHF VR: 52.29 n.u) setiap variabel VR menunjukan penurunan stres yang
lebih besar daripada saat mendengarkan musik. | id_ID |