Identifikasi dan Strategi Pengembangan Umbul Guyangan sebagai Objek Wisata di Desa Bendan Kabupaten Boyolali
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan potensi dan merumuskan
strategi pengembangan umbul guyangan sebagai objek daya tarik wisata di Desa
Bendan, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali. Penelitian ini menggunakan
sample 40 orang yang berasal dari pemerintah yaitu perangkat desa, tokoh
masyarakat dan pengunjung. Metode pengumpulan data dengan observasi,
wawancara dan penyebaran kuesioner. Selanjutnya data yang telah terkumpul
dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis SWOT. Berdasarkan
hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa faktor internal yang menjadi
kelebihan Umbul Guyangan adalah adanya daya tarik alam dan buatan, lokasi
strategis dan aksesibilitas yang mudah dicapai. Sedangkan faktor eksternal yang
menjadi peluang adalah adanya program Desa Bendan terkait pembangunan
umbul guyangan sebagai destinasi wisata, dukungan dan kesediaan masyarakat
untuk berpartisipasi dalam pengembangan wisata. Dari hasil analisa SWOT
menunjukkan bahwa rekomendasi strategi pengembangan objek wisata Umbul
Guyangan adalah dengan melakukan pengembangan wisata ke arah ekowisata,
memperbaiki fasilitas dan sarana prasarana, mengembangkan atraksi dan
kegiatan wisata yang dapat dilakukan membuat paket wisata, serta membentuk
pengelola wisata yang melibatkan masyarakat.