dc.identifier.citation | Abuddin Nata, 200. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, PT. Raja Grafindo Persada Jakarta. Chatib Thoha, (ed), 1996, Reformulasi Filsafat Pendidikan Islam, Pustaka Pelajar dengan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang. Al Ghozali, tt. Ihya ‘Ulum ad Din, Juz III, Beirut : Dar al-fikr. Ruswa Tholib, ed, 1999, Pemikiran Pendidikan Islam, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Ulumul Qur‘an, No.1, Vol. V, tahun 1994. | en_US |
dc.description.abstract | Tulisan ini adalah mengetahui konsep pendidikan al Ghozali, maka
dipaparkan pemikirannya yang berkenaan dengan berbagai aspek
yang berkaitan dengan pendidikan yaitu aspek tujuan pendidikan,
kurikulum, metode, guru dan murid.
Setelah didapat data kemudian dianalisis bahwa konsep pendidikan
al Ghazali adalah tercapainya kesempurnaan insani yang bermuara
pada pendekatan diri kepada Allah dan kebahagiaan dunia dan
akherat, untuk mecapai tujuan tersebut al ghazali dalam menentukan
metode mengajar dengan metode keteladanan, sehingga guru
dituntut bisa menjadi tauladan bagi anak didiknya yang tidak terbatas
waktu dan ruang. Berkaitan dengan tugas guru yang begituberat,
Al Ghazali meletakkan status guru sejajar dengan tugas kenabian.
Menurut Al Ghazali, terhadap guru anak didik tidak diperbolehkan
untuk membantah atau bertentangan pendapat, bahkan segala
permasalahan yang ada pada diri anak didik harus diserahkan
kepada guru. | en_US |