dc.identifier.citation | Iin Arianti, 2014, Pihak–pihak yang terlibat dalam proyek konstruksi https: pt.slidehere.net, diakses 4 April 2020 Ir. Asiyanto, MBA, IPM , 2010, Manajemen Produksi Untuk Jasa Konstruksi, diakses 3 April 2020 Muhammad Wasil, 15 Febuary 2019, Peran Pemerintah dalam Pembangunan Infrastruktur , diakses 14 Maret 2020 Kasmadi, SST, M,Pd dan Nia Siti Sunariah, M.Pd. 2013. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif, Penerbit Alfabeta Bandung, diakses 10 Maret 2020 Andin, Nov 2015, Pembangunan infrastruktur, diakses 24 Pebuari 2020 Ervianto, W.I., 2004, Manajemen Proyek Konstruksi edisi revisi, Penerbit Andi, Yogyakarta, diakses 16 Januari 2020 Jonathan Sarwono, 2005, Riset Pemasaran dengan SPSS (Teori dan Praktek), Yogyakarta, diakses 10 Januari 2020 Masri Singarimbun dan Sofian Efendi, 1995 LP3ES. Metode Penelitian Survai, Jakarta, diakses 7 Januari 2020 Jonathan Sarwono, 2006, Analisis Data Penelitian menggunakan SPSS, diakses 16 Januari 2020 Siswanto Sutojo, 1996, Studi Kelayakan Proyek, diakses 2 Januari 2020 Dipohusodo, Istimawan (1996), Manajemen Proyek & Konstruksi, Kanisius. Jogjakarta, diakses 15 Desember 2019 Donald S Barrie, Boyd C, Paulson JR, Sudinarto, 1995, Manajemen Konstruksi Profesional, Eriangga, Jakarta, diakses 2 Desember 2019 Muhammad Wasil Friday, February 15, 2019, Peran Pemerintah dalam Pembangunan Infrastruktur, Jakarta diakses 20 November 2019 Draper, NR dan Smith, H. 1998. Applied Regression Analysis, Third Edition, New York: John Wiley & Sons, diakses 22 Oktober 2019 | id_ID |
dc.description.abstract | Pembangunan infrastruktur merupakan urat nadi pertumbuhan ekonomi nasional. Infrastruktur
menjadi salah satu aspek penting untuk mempercepat pembangunan ekonomi. Lebih dari itu,
infrastruktur juga merupakan salah satu faktor penting penentu dalam pemerataan
pembangunan dan kesejahteraan. Berikut ada beberapa jenis infrastruktur antara lain: jalan,
bandara udara, jalur keretaapi, pelabuhan, air bersih, energi dll. Pada dasarnya strategi
pemasaran kontraktor dapat dibagi dalam lima cara yaitu pemilihan pasar, produk, harga,
distribusi, dan promosi. Perbedaan dalam hal cara penyusunan rencana pemasaran pada
kontraktor besar, menengah, dan kecil, tampaknya tidak membuat pendekatan strategi
pemasaran mereka secara umum berbeda satu sama lainnya. Ada beberapa permasalahan
dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses bisnis proyek infrastruktur, apa saja faktor dan
variabel aspek pemasaran proyek infrastruktur dan apa hasil analisis pengaruh aspek
pemasaran dalam meningkatkan kinerja biaya operasional proyek infrastruktur. Metodologi
penelitian ini menggunakan beberapa teori dan rumus rumus perhitungan dari berbagai sumber
baik data primer yang didapat dengan memberikan kuesioner ke para responden maupun
sekunder yang didasari oleh peraturan-peraturan yang sesuai dengan pembahasan serta
mengumpulkan data-data melalui jurnal, literarutur dan buku-buku terkait pemasaran
infrastruktur. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan ada beberapa faktor aspek pemasaran
yang mempengaruhi kinerja biaya operasinoal diantaranya yang dominan adalah X35 (perlu
dilakukan pengelompokkan pasar berdasarkan jenis usaha), X15 (diperlukan kesiapan alat kerja
dan material), X1 (diperlukan pemahaman proses produksi), X28 (diperlukan kepastian jenjang
karir), X13 (perlu kecukupan modal kerja), X23 (diperlukan birokrasi yang efektif dalam
pengambilan keputusan), variabel X21 (diperlukanpenempatan posis alat kerja yang tepat). | id_ID |