Pengembangan Soal Matematika Model PISA untuk Mengetahui Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik
Abstract
Menyelesaikan soal matematika model PISA merupakan salah satu cara untuk melatih peserta didik dalam menggunakan kemampuan yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan soal matematika model PISA yang valid untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX di SMP Negeri 1 Kartasura. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) yang terdiri dari tahap preliminary dan tahap formative evaluation. Tahap formative evaluation meliputi self evaluation dan prototyping (expert reviews, one-to-one, small group, field test). Pada tahap one-to-one terdiri dari tiga peserta didik, small group terdiri dari enam peserta didik, sedangkan field test terdiri dari 30 peserta didik sebagai subjek. Penelitian ini menghasilkan soal matematika model PISA yang valid dengan setiap aspeknya memiliki tingkat validitas lebih dari 0,8 dalam kategori validitas tinggi. Hasil tes secara keseluruhan menunjukkan kemampuan komunikasi matematis 10% peserta didik dalam kategori sangat baik, 43,33% peserta didik dalam kategori baik, 40% peserta didik dalam ketegori cukup, dan 6,67% peserta didik dalam kategori kurang.