dc.identifier.citation | Aisyah, Dewi, S. (2017). Pengembangan Soal Tipe PISA untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 136-147 Hayat & Bahrul. (2010). Benchmark Internasional Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Fatmawati, D., Ekawati, R. (2016). Pengembangan Soal Matematika PISA Like pada Konten Change and Relationship untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 2. No. 5 Fitria, D., Efendi, Z., & Kamid. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berdominasi Otak Kiri dalam Menyelesaikan Soal PISA. Jurnal Inovasi Edukasi. Vol 2. No. 2 Hartono, Y., Putra, Y. Y., & Zulkardi. (2016). Pengembangan Soal Matemtika Model PISA Level 4, 5, 6 menggunakan Konteks Lampung. Jurnal Universitas Negeri Semarang, Kreana 7(1): 10-16 Hendriana, H., Rohaeti, E. E., Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama. Jurnaidi, Zulkardi. (2013). Pengembangan Soal Model PISA pada Konten Change and Relationship untuk Mengetahui Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2) Mansur, Nabilah. (2018). Melatih literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Porsiding Seminar Nasional Matematika. OECD (2013), PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy, OECD Publishing. http://dx.doi.org/10.1787/9789264190511-en OECD (2017), PISA for Development Assessment and Analytical Framework: Reading, Mathematics and Science, Preliminary Version, OECD Publishing, Paris. Panjaitan, A., Surya, E., Syahputra, E., & Tiffany, F. (2017). Analysis mathematical Comminication Skills Student At The Grade IX Junior High School. IJARIIE Vol-3 Issue-2 Retnawati, Heri. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing. Stancy, Kaye. (2011). The PISA View of Mathematical Literacy in Indonesia. Indo M.S. J.M.E. Vol 2. No. 2 Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, Mix Method, R&D. Sukoharjo: Jasmine. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 Th. 2003). (2008). Jakarta: Sinar Grafika. Zulfah. (2018). Analisis Kemampuan Peserta Didik SMP di Bangkinang Melalui Penyelesaian Soal PISA 2015. Journal On Education, Vol. 1, No. 1, 1-13 Zulfah., Rianti, W. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Melalui Soal PISA 2015. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 49-56 | id_ID |
dc.description.abstract | Menyelesaikan soal matematika model PISA merupakan salah satu cara untuk melatih peserta didik dalam menggunakan kemampuan yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan soal matematika model PISA yang valid untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX di SMP Negeri 1 Kartasura. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) yang terdiri dari tahap preliminary dan tahap formative evaluation. Tahap formative evaluation meliputi self evaluation dan prototyping (expert reviews, one-to-one, small group, field test). Pada tahap one-to-one terdiri dari tiga peserta didik, small group terdiri dari enam peserta didik, sedangkan field test terdiri dari 30 peserta didik sebagai subjek. Penelitian ini menghasilkan soal matematika model PISA yang valid dengan setiap aspeknya memiliki tingkat validitas lebih dari 0,8 dalam kategori validitas tinggi. Hasil tes secara keseluruhan menunjukkan kemampuan komunikasi matematis 10% peserta didik dalam kategori sangat baik, 43,33% peserta didik dalam kategori baik, 40% peserta didik dalam ketegori cukup, dan 6,67% peserta didik dalam kategori kurang. | id_ID |