Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Geometri melaluli Modul Berbasis Teori Van Hiele
View/ Open
Date
2020-08Author
Fatmasari, Lina Wahyu Sri
Sari, Christina Kartika
Machromah, Isnaeni Umi
Metadata
Show full item recordAbstract
Modul Geometri berbasis Teori Van Hiele merupakan modul inovatif yang dikembangkan berdasarkan Teori Van Hiele dengan memusatkan pada aktivitas pembelajaran Geometri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan keefektifan modul Geometri berbasis Teori Van Hiele dalam pembelajaran lingkaran. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitain Reseach and Development yang menekankan pada uji keefektifan penggunaan modul dalam pembelajaran Geometri SMP. Sampel penelitian ini adalah 2 kelompok siswa kelas 7 di salah satu SMP Muhammadiyah Surakarta. Data penelitian diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar siswa. Data tes hasil belajar diolah menggunakan uji Mann-Whitney Test. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa (1) siswa memiliki aktivitas pembelajaran yang bermakna melalui tahapan Van Hiele, yaitu informasi, orientasi terbimbing, penjelasan, orientasi bebas, dan integrase; (2) modul Geometri berbasis teori Van Hiele efektif digunakaan dalam pembelajaran Geometri SMP dengan kriteria adanya perbedaan signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan modul Geometri berbasis teori Van Hiee dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran yang biasa dilaksanakan di kelas, dan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan modul ini lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran yang biasa dilakukan.