dc.identifier.citation | Abdullah, A. H., & Zakaria, E. (2011). Students’ Perceptions Towards the Van Hiele’s Phases of Learning Geometry Using Geometer’s Sketchpad Software. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 5(7), 787–792. Retrieved from http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-82655166172&partnerID=40&md5=380aeff81943205a5158076021f053c8 Abdullah, A. H., & Zakaria, E. (2012). The Activities Based on Van Hiele’s Phase-Based Learning: Experts’ and Preservice Teachers’ Views. Journal of Mathematics and Statistics, 8(3), 385–395. https://doi.org/10.3844/jmssp.2012.385.395 Abdullah, A. H., & Zakaria, E. (2013). Enhancing Students’ Level of Geometric Thinking Through Van Hiele’s Phase-based Learning. Indian Journal of Science and Technology, 6(5), 4432–4446. Retrieved from www.indjst.org Abu, M. S., & Abidin, Z. Z. (2013). Improving the Levels of Geometric Thinking of Secondary School Students Using Geometry Learning Video based on Van Hiele Theory. Internaional Journal of Evaluation and Research in Education, 2(1), 16–22. Retrieved from http://iaesjournal.com/online/index.php/IJERE Al-ebous, T. (2016). Effect of the Van Hiele Model in Geometric Concepts Acquisition: The Attitudes towards Geometry and Learning Transfer Effect of the First Three Grades Students in Jordan. International Education Studies, 9(4), 87–98. https://doi.org/10.5539/ies.v9n4p87 Breyfogle, M. L., & Lynch, C. M. (2010). Van Hiele Revisited. Mathematics Teaching in The Middle School, 16(4), 233–238. Halat, E. (2007). Reform- Based Curriculum & Acquisition of the Levels. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3(1), 41–49. Hiele, P. M. Van. (1999). Developing Geometric Thinking through Activities That Begin with Play. Teaching Children Mathematics, 6(February 1999), 310–316. Jones, K. (2002). Issues in the teaching and learning of geometry. In Aspects of teaching secondary mathematics: Perspectives on practice. (Vol. 8, pp. 121–139). https://doi.org/10.4324/9780203165874 Machromah, I. U., Sari, C. K., & Purnomo, M. E. R. (2018). Implementing Van Hiele Theory on Circle Module. 5th ICRIEMS Proceedings, (October 2019). Mostafa, M., Mohammad Javad, L., & Reza, O. H. (2016). The Effect of Van Hiele Theory-Based Teaching Educational Package on Achievement Goal Orientation of Student Teachers. Review of European Studies, 9(1), 93–105. https://doi.org/10.5539/res.v9n1p93 Siew, N. M., & Chong, C. L. (2014). Fostering Students’ Creativity through Van Hiele’s 5 phase-Based Tangram Activities. Journal of Education and Learning, 3(2), 66–80. https://doi.org/10.5539/jel.v3n2p66 Usikin, Z. (1982). Van Hiele Levels and Achievement in Secondary School Geometry. Chicago: The Univesity od Chicago. Wu, H.-H. (1996). The role of Euclidean geometry in high school. Journal of Mathematical Behavior, 15(3), 221–237. https://doi.org/10.1016/S0732-3123(96)90002-4 | id_ID |
dc.description.abstract | Modul Geometri berbasis Teori Van Hiele merupakan modul inovatif yang dikembangkan berdasarkan Teori Van Hiele dengan memusatkan pada aktivitas pembelajaran Geometri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan keefektifan modul Geometri berbasis Teori Van Hiele dalam pembelajaran lingkaran. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitain Reseach and Development yang menekankan pada uji keefektifan penggunaan modul dalam pembelajaran Geometri SMP. Sampel penelitian ini adalah 2 kelompok siswa kelas 7 di salah satu SMP Muhammadiyah Surakarta. Data penelitian diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar siswa. Data tes hasil belajar diolah menggunakan uji Mann-Whitney Test. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa (1) siswa memiliki aktivitas pembelajaran yang bermakna melalui tahapan Van Hiele, yaitu informasi, orientasi terbimbing, penjelasan, orientasi bebas, dan integrase; (2) modul Geometri berbasis teori Van Hiele efektif digunakaan dalam pembelajaran Geometri SMP dengan kriteria adanya perbedaan signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan modul Geometri berbasis teori Van Hiee dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran yang biasa dilaksanakan di kelas, dan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan modul ini lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran yang biasa dilakukan. | id_ID |