• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (193.3Kb)
    Date
    2020-08
    Author
    Rohmah, Tinike Faizatur
    Sumardi, S
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini di latarbelakangi oleh fenomena di mana siswa kesulitan dalam mengomunikasikan ide-ide matematika baik secara lisan, tertulis, gambar ,maupun grafik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan 3 indikator yaitu a) kemampuan menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam ide-ide matematika, b) kemampuan menjelaskan ide, situasi, dan relasi matematika secara lisan, tertulis dengan benda nyata, gambar, grafik, dan aljabar, c) membuat konjektur, menyusun argumen, merumuskan definisi, dan generalisasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan tes diikuti oleh 30 siswa dengan 3 butir soal yang sesuai dengan indikator kemampuan komunikasi matematis yang kemudian diambil 6 siswa berdasarkan nilai tes yang terdiri dari 2 siswa dengan nilai tes tertinggi, 2 siswa dengan nilai tes sedang, dan 2 siswa dengan nilai tes rendah guna untuk melaksanakan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan skor nilai tinggi mampu memenuhi 3 indikator kemampuan komunikasi matematis yang diberikan. Siswa dengan skor nilai sedang mampu memenuhi 2 indikator dari 3 indikator yang diberikan. Siswa dengan skor nilai rendah mampu memenuhi 2 indikator dari 3 indikator yang diberikan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/12207
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV