Show simple item record

dc.contributor.authorRohmah, Tinike Faizatur
dc.contributor.authorSumardi, S
dc.date.accessioned2020-09-28T03:47:40Z
dc.date.available2020-09-28T03:47:40Z
dc.date.issued2020-08
dc.identifier.citationRitonga, Siti Nurcahyani. 2018. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika MTs Hifzil Qur’an Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Medan: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Zarkasyi, Wahyudin. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama. Hendriana, Heris. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama. NCTM. 2000. Principles And Standards for Scholl Mathematics. Reston VA: NCTM Ansari, Bansu. 2018. Komunikasi Matematik Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Pena. Prastowo, Andi. 2016. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-ruzz. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Tohirin. 2013. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Lexy J.Moleong. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. Salim, dkk. 2016. Metode Penelitian kualitatif. Bandung: Citapustaka Media. Sutama. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Sukoharjo: CV. Jasmine. Suherman, E. et al,. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Prastowo Andi. 2014. Memahami Metode-Metode Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Darkasyi, Muhammad dkk. 2017. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe, dalam http://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/1336-ber-ISSN.pdf. Sanjaya Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Kleden Maria Agustina, dkk. 2003. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Konstektual Berbasis Budaya Pesisir. Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya. Handani Ayu, dkkk. 2012. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Bagi Siswa Kelas VII MTsN Lubuk Pakam Buaya Padang Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika FMIPA UNP, Vol 1, No,1 hal 3. Zainul Arifin, Dinawati Trapsilasiwi, Arif Fatahillah (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII-C SMP Nuris Jember. Jurnal edukasi UNEJ 2016, III (2): 9-12. Lutfianannisak, Ummu Sholihah(2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Komposisi Fungsi Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Tadris Matematika, Vol. 1, No. 1, Juni 2018.id_ID
dc.identifier.issn2656-0615
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/12207
dc.description.abstractPenelitian ini di latarbelakangi oleh fenomena di mana siswa kesulitan dalam mengomunikasikan ide-ide matematika baik secara lisan, tertulis, gambar ,maupun grafik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan 3 indikator yaitu a) kemampuan menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam ide-ide matematika, b) kemampuan menjelaskan ide, situasi, dan relasi matematika secara lisan, tertulis dengan benda nyata, gambar, grafik, dan aljabar, c) membuat konjektur, menyusun argumen, merumuskan definisi, dan generalisasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan tes diikuti oleh 30 siswa dengan 3 butir soal yang sesuai dengan indikator kemampuan komunikasi matematis yang kemudian diambil 6 siswa berdasarkan nilai tes yang terdiri dari 2 siswa dengan nilai tes tertinggi, 2 siswa dengan nilai tes sedang, dan 2 siswa dengan nilai tes rendah guna untuk melaksanakan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan skor nilai tinggi mampu memenuhi 3 indikator kemampuan komunikasi matematis yang diberikan. Siswa dengan skor nilai sedang mampu memenuhi 2 indikator dari 3 indikator yang diberikan. Siswa dengan skor nilai rendah mampu memenuhi 2 indikator dari 3 indikator yang diberikan.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020id_ID
dc.titleKemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematikaid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record