• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kesalahan Menyelesaikan Soal HOTS berdasarkan Langkah Krulik-Rudnick Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (296.9Kb)
    Date
    2020-08
    Author
    Pambudiningsih, Yetty
    Machromah, Isnaeni Umi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian bertujuan mengidentifikasi serta menganalisis kesalahan menyelesaikan soal tipe Higher Order Thingking Skill (HOTS) materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) berdasarkan langkah Krulik dan Rudnick ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu satu siswa berkemampuan awal matematika tinggi serta satu siswa berkemampuan awal matematika rendah kelas VIII – C SMP Al Irsyad Surakarta. Teknik pengumpulan data berupa tes, dokumentasi serta wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penulisan data, dan pengecekan. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukan Siswa berkemampuan awal matematika rendah melakukan kesalahan membaca dan berfikir, menggali informasi dan merencanakan, menyusun rencana, menemukan jawaban, kilas balik dan perpanjangan dan Siswa berkemampuan awal metamatika tinggi melakukan kesalahan kilas balik dan perpanjangan. Kesalahan paling sering dilakukan subjek yaitu kesalahan kilas balik dan perpanjangan. Faktor penyebab meliputi : Siswa tidak membaca soal dengan baik, kurangnya rasa percaya diri, tidak mengetahui maksud soal, tidak memahami materi yang diberikan, tidak membuat model matematika, tidak merencanakan penyelesaian, melakukan kesalahan perhitungan, tidak menuliskan jawaban secara lengkap, tidak menulis kesimpulan, dan tidak mengatur waktu dalam mengerjakan soal.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/12211
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV