Show simple item record

dc.contributor.authorPrasianti, Dwi Putri
dc.contributor.authorSetyaningsih, Nining
dc.date.accessioned2020-09-28T07:12:59Z
dc.date.available2020-09-28T07:12:59Z
dc.date.issued2020-08
dc.identifier.citationAbid, Mokhammad Misbakhul & Rahaju, Endh Budi (1018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Dalam Memecahkan Masalah Turunan Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Sensing Dan Intuitive, Vol. 7 No. 2. Hal. 340-349. Ayu, N. S. (2018). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita Di Kelas VIII MTs. Negeri Bandar TA 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan). http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_20_03.htm. Diakses pada 9 September 2019. Mahanal, Susriyati et all. April (2019). RICOSE : A Learning Model to Develop Critical Thinking Skills for Students with Different Academic Abilities. International Journal of Instruction, Vol. 12, No 2. Men, F. E. (2017). Proses Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Pengajuan Soal Matematika Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 191-198. Misbakhul Abid, M. O. K. H. A. M. M. A. D., & Budi Rahaju, E. N. D. A. H. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Dalam Memecahkan Masalah Turunan Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Sensing Dan Intuitive. Mathedunesa, 7(2), 340-349. Munazilla, Nina and, Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M. Kom (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ngemplak dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Surakarta : UMS Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158. Pasaribu, G. F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Di Kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah Medan. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 8(1). Sari, Ayu Sita. (2016/2017). Analisa Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras Ditinjau Dari Gaya Kognitif Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Jatiroto Tahun Ajaran 2016/2017. Surakarta : UMS Sulthoniyah, Anni (2017). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Aritmetika Sosial. Purworejo : UMP. Wijaya, A. P. (2016). Gaya Kognitif Field Dependent Dan Tingkat Pemahaman Konsep Matematis Antara Pembelajaran Langsung Dan Stad. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 1-13. Wijaya, Yeni K., Dra. Nining Setyaningsih, M.Si. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII (SMP NEGERI 1 GATAK SUKOHARJO). Surakarta : UMS Yagcioglu, O. (2016). The Positive Effects of Cognitive Learning Styles in ELT Classes. Online Submission, 1(2), 78-91.id_ID
dc.identifier.issn2656-0615
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/12214
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk, 1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa tipe Field Dependent dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari gaya kognitif kelas VIII; dan 2) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa tipe Field Independent dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari gaya kognitif kelas VIII. Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta dengan mengambil empat subjek sebagai sampel. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kualitatif. Teknik pengambilan data terdiri atas tes, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dalam melakukan uji keabsahan data. Menggunakan tes soal GEFT (Group Embedded Figure Test) dalam menentukan siswa tipe gaya kognitif Field Dependent memperoleh skor 0-11, Field Independent memperoleh skor 12-18 dan menggunakan tes soal cerita SPLDV (Sistem Persamaan Linier Dua Variabel). Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berfikir kritis siswa yang memiliki gaya kognitif field independent memenuhi indikator klarifikasi, asesemen, strategi dan inferensi sedangkan, siswa yang memiliki kemampuan berfikir kritis siswa bergaya kognitif field dependent mampu memenuhi indikator klarifikasi, asesmen dan strategi. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa siswa field independent lebih baik daripada siswa field dependent.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020id_ID
dc.titleAnalisis Kemampuan Berfikir Kritis dalam Mengerjakan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIIIid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record