• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kontribusi Strategi Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Berdasarkan Kemandirian Belajar

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (259.0Kb)
    Date
    2020-08
    Author
    Damastuti, Ayun Siwi
    Sutarni, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) Mengetahui dampak penggunaan strategi pembelajaran Course Review Horay dan Make a Match terhadap prestasi belajar matematika, (2) Mengetahui dampak kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) Mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendektan kuantitif dengan desain quasi experiment. Seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Selogiri Tahun Pelajaran 2019/2020 digunakan sebagai populasi, dengan sampel penelitian kelas VII D dan VII E. Data penelitian diperoleh menggunakan instrumen tes, angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis variansi dua jalan sel tak sama pada taraf signifikansi 5%. Setelah dianalisis, dapat disimpulkan bahwa: (1) Strategi Course Review Horay dan Make a Match berdampak terhadap prestasi belajar matematika. Strategi Course Review Horay lebih baik dibanding Make a Match dikarenakan rerata marginal prestasi belajar pada Course Review Horay lebih tinggi dibanding Make a Match, (2) Prestasi belajar matematika terdampak oleh level kemadirian belajar, dan (3) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/12219
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV