Kontribusi Strategi Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Berdasarkan Kemandirian Belajar
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) Mengetahui dampak penggunaan strategi pembelajaran
Course Review Horay dan Make a Match terhadap prestasi belajar matematika, (2) Mengetahui
dampak kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) Mengetahui interaksi
antara strategi pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika.
Penelitian ini menggunakan pendektan kuantitif dengan desain quasi experiment. Seluruh siswa
kelas VII SMP Negeri 1 Selogiri Tahun Pelajaran 2019/2020 digunakan sebagai populasi, dengan
sampel penelitian kelas VII D dan VII E. Data penelitian diperoleh menggunakan instrumen tes,
angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis variansi dua
jalan sel tak sama pada taraf signifikansi 5%. Setelah dianalisis, dapat disimpulkan bahwa: (1)
Strategi Course Review Horay dan Make a Match berdampak terhadap prestasi belajar matematika.
Strategi Course Review Horay lebih baik dibanding Make a Match dikarenakan rerata marginal
prestasi belajar pada Course Review Horay lebih tinggi dibanding Make a Match, (2) Prestasi
belajar matematika terdampak oleh level kemadirian belajar, dan (3) Tidak terdapat interaksi
antara strategi pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika.