Show simple item record

dc.contributor.authorDamastuti, Ayun Siwi
dc.contributor.authorSutarni, Sri
dc.date.accessioned2020-09-28T07:29:17Z
dc.date.available2020-09-28T07:29:17Z
dc.date.issued2020-08
dc.identifier.citationAliyyah, R.R., F.A. Putri, & A Kurniawati. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Sosial Humaniora 8(2), 126- 143 Anjelina, Vivi. (2019). Studi Komparasi Model Pembelajaran Course Review Horay dan Model Pembelajaran Make a Match terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII MTs Laboratorium Kota Jambi. Skripsi tidak diterbitkan. Jambi: FKIP Universitas Jambi Asy’ari & Rahimah, N. (2018). Pembelajaran denga Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem Posing Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa SMPN 4 Banjarbaru. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 100-109 Aulia, Z. & Arminati. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum di SMK Negeri 1 Padang Panjang. Jurnal EcoGen, 2(4), 811-821 Belina. (2018). Penerapan Model Course Review Horay untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Geografi, 6(1) Budiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press Eviyanah, E., Umasih, & Kurniawati. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Sejarah di SMK Negeri 31 Jakarta. Jurnal Pendidikan Sejarah, 7(1) Hidayat, M. A., & Sutirna. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Sesiomadika, 809-817 Khasanah, L., Mushafanah, Q. & Muhajir, M. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Course Review Horay Berbantu Permainan Puzzle Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SD Negeri Bendungan Semarang. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 14-25 Kurniani, K. H., & Sutama. (2017). “Penerapan Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Siswa SMP.” Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 3. hal 1-9. Kurniasari, E., Koeswanti, H. D. & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Make a Match Berbantuan Media Konkret Kelas 4 SD. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika (JTAM), 3(1), 40-45 Mariani. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Pembagian Pada Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 4 Batu. JiNop, 5(2), 599-608 Meganingtyas, B., R., Winarni, R., & Murwaningsih, T. (2019). The Effect of Using Course Review Horay and Talking Stick Learning Methods Towards Social Science Learning Result Reviewed From Learning Interest. International Journal of Education Research Review, 4(2), 190- 197 Mutiara, F.B., Komikesari, H. & Asiah, N. (2019). Efektivitas Model Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02 (1), 116- 122 OEDC. 2019. Hasil PISA 2018. Diakses dari https://www.oecd.org/pisa/Combined_Executive_Summaries_PISA_201 8.pdf Pratiwi, R., H. (2018). Metode Pembelajaran “Make a Match” dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar IPA. Florea, 5(1), 37-43 Sari, C., I., N.& Julianto. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Gilang pada Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya. JPGSD, 6(9), 1610-1620 Sundari, J. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 02(02), 227-234 Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, Mix Method, R&D. Sukoharjo: CV. Jasmine Wandy. (2017). Metode Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora, 3(1), 109-116 Woi, M. F., & Yuli, P. (2019). Hubungan antara Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. Teacher in Educational Research, 1(1), 1-8 Yunita, T., Sasongko, P., & Utami, W., B. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Make a Match terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti (JPMP), 2(2), 75-81 Yunitasari, et al. (2019). How Course Review Horay (CRH) Assisted by The Media Prezi Can Improve Cognitive Abilities of Students. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series, 1-7id_ID
dc.identifier.issn2656-0615
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/12219
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) Mengetahui dampak penggunaan strategi pembelajaran Course Review Horay dan Make a Match terhadap prestasi belajar matematika, (2) Mengetahui dampak kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) Mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendektan kuantitif dengan desain quasi experiment. Seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Selogiri Tahun Pelajaran 2019/2020 digunakan sebagai populasi, dengan sampel penelitian kelas VII D dan VII E. Data penelitian diperoleh menggunakan instrumen tes, angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis variansi dua jalan sel tak sama pada taraf signifikansi 5%. Setelah dianalisis, dapat disimpulkan bahwa: (1) Strategi Course Review Horay dan Make a Match berdampak terhadap prestasi belajar matematika. Strategi Course Review Horay lebih baik dibanding Make a Match dikarenakan rerata marginal prestasi belajar pada Course Review Horay lebih tinggi dibanding Make a Match, (2) Prestasi belajar matematika terdampak oleh level kemadirian belajar, dan (3) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020id_ID
dc.titleKontribusi Strategi Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Berdasarkan Kemandirian Belajarid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record