Analisis Kemampuan Pengembangan Penulisan Modul Materi SMA Terintegrasi Self Assessment pada Calon Guru Biologi di Kota Sukabumi
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan pengembangan penulisan modul materi SMA terintegrasi self assessment pada calon guru biologi di Sukabumi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 15 orang mahasiswa calon guru Biologi di Universitas Muhammadiyah Sukabumi dan melibatkan 6 orang dosen yang memiliki bidang keahlian yang sesuai dengan materi pada modul yang disusun mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar reviewer modul yang diadaptasi dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dengan indikator 1) kelayakan isi, 2) Kelayakan penyajian, 3) Kelayakan bahasa dan 4) kelayakan kegrafikan, serta self assesement berupa catatan harian (log book) yang diisi mahasiswa selama mengerjakan modul. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebanyak 15 modul Biologi SMA yang telah direview dan direvisi sesuai masukan reviewer. Rata-rata kelayakan isi dari modul adalah 69,33, kelayakan penyajian 70, kelayakan bahasa 72,89 dan kelayakan kegrafikan 68,8. Dari catatan harian mahasiswa diperoleh informasi yang menggambarkan perkembangan penulisan modul, kesulitan saat mengerjakan modul dan manfaat yang dirasakan saat menyusun modul.