Show simple item record

dc.contributor.authorWindyariani, Sistiana
dc.contributor.authorJuhanda, Aa
dc.date.accessioned2021-01-04T03:37:54Z
dc.date.available2021-01-04T03:37:54Z
dc.date.issued2020-07
dc.identifier.citationAndrade. (2008) Self Assessment through Rubrics. Educational Leadership Journal. /January 2008. | Volume 65 | Number 4 Informative Assessment Pages 60-63. Tersedia Online: https://imoberg.com/files/2008_Self-Assessment_through_Rubrics.pdf. Ardiansyah, R. Corebima, A.D, Rohman, F. (2015). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Perubahan Materi Genetik Pada Mata Kuliah Genetika di Universitas Negeri Malang. Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek. 749-752. Arikunto, S. (2008). Evaluasi Program Pendidikan- Pedoman Teoritis Peraktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara. Depdiknas. (2008). Perangkat Pembelajaran KTSP SMA. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. Hakim, A. (2015). Contribution of competence teacher (pedagogical, personality, professional competence and social) on the performance of learning. The International Journal Of Engineering And Science, 4(2), 1–12. Retrieved from http://www.theijes.com/papers/v4-i2/Version-3/A42301012.pdf Harahap, J, Sari, N, Pane, S.A, Nuraini. (2019). Analisis Kelayakan Buku Panduan Praktikum Kimia Kelas XII Semester II Berdasarkan BSNP Sesuai Kurikulum 2013. Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2018 yang diselenggarakan oleh Talenta Conference Series. Tersedia Online : https://talentaconfseries.usu.ac.id/st/article/view/341/308 http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/rbi/materi-dan-referensi/permenpanrb-no-16-tahun-2009-tentang-jabatan-fungsional-guru-dan-angka-kreditnya/. Juhanda, A., Wulan A.R., Fitriyani, A. (2015). Pengembangan Asesmen Portfolio Elektronik (APE) dalam Menilai Sikap Ilmiah dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Laporan Praktikum Pencemaran Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015. (4), 339-345. Khoerunnisa, R.F, Murbangun,N, Sudarmin. (2016). Pengembangan Modul IPA Terpadu Etnosains Untuk Menumbuhkan Minat Kewirausahaan. Journal of Innovative Science Education. 5 (1), 48-53. Budinono, E. & Susanto, H. (2006). Penyusunan Dan Penggunaan Modul Pembelajaran Berdasar Kurikulum Berbasis Kompetensi Sub Pokok Bahasan Analisa Kuantitatif Untuk Soal-Soal Dinamika Sederhana Pada Kelas X Semester I SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (JPFI) . 4. (2). 79-87. Tersedia online: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/166 Puspita, L. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Keterampilan Proses Sains Sebagai Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 5. (1), 79-88. Tersedia online : https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/22530/12511 Rahdiyanta, Dwi (2016). Teknik Penyusunan Modul. Tersedia online http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/dr-dwi-rahdiyanta-mpd/20-teknik-penyusunan-modul.pdf Ruseffendi, E.T. 2001. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang non eksakta lainnya. Semarang : IKIP Semarang Press. Setiono., Rustaman, N., Rahmat, A., (2018). Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Biologi dalam Menyusun Scientific Papers Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Biologi dalam Menyusun Scientific Papers. (January), 2–7. Tersedia Online: https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i2.7070 Mulyasa (2011). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 24-29 Mulyasa , E. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi : Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung : Remaja Rosdakarya. Muspiroh, N. (2013). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Perspektif Pendidikan Islam. 28 (3), 1435. Nurajizah, U., Windyariani, S., & Setiono, S. (2018). Improving students’ metacognitive awareness through implementing learning journal. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(2), 105-112. Tersedia online: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi/article/view/5788 Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IbM guru dalam pengembangan bahan ajar kreatif inovatif berbasis potensi lokal. Tersedia Online: Jurnal Dedikasi, 13.http://ejournal.umm.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/3136 Razali, F., Mohd Yusoff, N., & Osman, R. (2017). Kefahaman guru pada pelaksanaan kurikulum 2013 dalam membuat modul pembelajaran di SMKN 3 Kota Banda Aceh.Tersedia Online: http://repo.uum.edu.my/22546/1/ICSoTL%202017%2014%2020.pdf Majid, Abdul. (2006). PerencanaanPembelajaran: MengembangkanStandar Kompetensi Guru. Bandung: PT RemajaRosdakarya. Pantiwati, Yuni (2015) Strategi Pembelajaran, Self Assessment, Dan Metakognisi Dalam Pembelajaran Sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015, yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang. Tersedia online: http://research-report.umm.ac.id/index.php/research-report/article/viewFile/511/734. Widyaningrum, R. Sarwanto, Karyanto, P. (2013). Pengembangan Modul Berorientasi POE (Predict, Observe, Explain) Berwawasan Lingkungan Pada Materi Pencemaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioedukasi. 6, (1), 100-117.id_ID
dc.identifier.issn2685-8770
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/12280
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan pengembangan penulisan modul materi SMA terintegrasi self assessment pada calon guru biologi di Sukabumi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 15 orang mahasiswa calon guru Biologi di Universitas Muhammadiyah Sukabumi dan melibatkan 6 orang dosen yang memiliki bidang keahlian yang sesuai dengan materi pada modul yang disusun mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar reviewer modul yang diadaptasi dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dengan indikator 1) kelayakan isi, 2) Kelayakan penyajian, 3) Kelayakan bahasa dan 4) kelayakan kegrafikan, serta self assesement berupa catatan harian (log book) yang diisi mahasiswa selama mengerjakan modul. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebanyak 15 modul Biologi SMA yang telah direview dan direvisi sesuai masukan reviewer. Rata-rata kelayakan isi dari modul adalah 69,33, kelayakan penyajian 70, kelayakan bahasa 72,89 dan kelayakan kegrafikan 68,8. Dari catatan harian mahasiswa diperoleh informasi yang menggambarkan perkembangan penulisan modul, kesulitan saat mengerjakan modul dan manfaat yang dirasakan saat menyusun modul.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-5id_ID
dc.titleAnalisis Kemampuan Pengembangan Penulisan Modul Materi SMA Terintegrasi Self Assessment pada Calon Guru Biologi di Kota Sukabumiid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record