• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Kajian Linguistik dan Sastra*
    • Volume 21 No. 1,Juni 2009
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Kajian Linguistik dan Sastra*
    • Volume 21 No. 1,Juni 2009
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ORAL ENGLISH PROFICIENCY: OBSTACLES AND SOLUTION FOR UNIVERSITY STUDENTS ON MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF SURAKARTA

    Thumbnail
    View/Open
    kls_21_1_2009_1_muamaroh_1-10.pdf (55.60Kb)
    Date
    2009-06
    Author
    Muamaroh, Muamaroh
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini untuk memaparkan hambatan-hambatan dalam menguasai kemahiran berbahasa Inggris secara lisan dan memaparkan cara-cara mengatasi permasalahan tersebut. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sampel terdiri dari 31 mahasiswa laki-laki dan 42 mahasiswa perempuan. Instrumen untuk mengumpulkan data berupa kueisoner, wawancara mendalam dan observasi kelas. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan-hambatan faktor kognisi berupa penguasaan kosakata, penguasaan gramatikal dan permasalahan pengucapan. Dari aspek afektif, hambatanhambatan berupa kecemasan, ketakutan, sifat malu dan kurang percaya diri. Hambatan berbicara dalam bahasa Inggris disebabkan persepsi negatif mahasiswa bahwa bahasa Inggris sulit dan kemalasan mahasiswa. Mereka jarang berlatih berbicara dalam bahasa Inggris dan lingkungan tak kondusif. Solusi atas permasalahan tersebut adalah mahasiswa laki-laki dan perempuan mengembangkan koasakata secara teratur, berlatih berbicara dalam bahasa Inggris secara bebas, mendengarkan lagu-lagu Barat, melihat film-film bahasa Inggris, berlatih dalam bahasa Inggris dengan orang lain dan orang asing, membaca novel, koran dan majalah bahasa Inggris, mengikuti kursus bahasa Inggris dan menulis buku harian dalam bahasa Inggris. Temuan-temuan tersebut dapat memberikan kontribusi terhadap pemahaman hambatan dan solusi mahasiswa laki-laki dan perempuan untuk berbicara dalam bahasa Inggris menurut konteks Indonesia.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/1234
    Collections
    • Volume 21 No. 1,Juni 2009

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV