• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Kajian Linguistik dan Sastra*
    • Volume 21 No. 1,Juni 2009
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Kajian Linguistik dan Sastra*
    • Volume 21 No. 1,Juni 2009
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    THE EFFECTS OF ERROR TREATMENT ON INTERLANGUAGE OF INDONESIAN LEARNERS LEARNING ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE

    Thumbnail
    View/Open
    kls_21_1_2009_6_endang_fauziati_55-66.pdf (55.62Kb)
    Date
    2009-06
    Author
    Fauziati, Endang
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kesalahan antar bahasa selalu terjadi dalam pembelajaran bahasa asing. Kesalahan ini menjadi sumber untuk mempelajari sistem antar bahasa siswa (peserta didik). Hans (2004) mengulas beratus-ratus penelitian antar bahasa siswa dan menarik simpulan bahwa ada dua pandangan yang sangat berbeda. Pertama. Perlakuan kesalahan memiliki nilai yang tak pasti dalam pemerolehan bahasa kedua di kelas (Krashen 1982). Peserta didik usia dewasa tidak memerlukan koreksi melalui cara-cara yang bermanfaat; dengan demikian, peran guru adalah memberikan pengetahuan yang dapat dipahami bagi para peserta didik untuk melanjutkan ke tahap antar bahasa berikutnya. Perlakuan kesalahan memiliki sedikit nilai dalam pemerolehan bahasa kedua karena penanaman antar bahasa (Mukkatash 1987; Thep-Ackrapong 1990). Pandangan ini sesuai dengan pendapat Patkowsky (1980), dan Johnson dan Newport (1989) yang menyatakan bahwa penanaman dikarenakan CP. Pendapat yang demikian ini berbeda dengan ide yang dikemukakan oleh White (1991), Spada dan Lightbown (1993), dan Muranoi (2000). Mereka berpendapat bahwa perlakuan kesalahan sangat penting dalam pembelajaran bahasa asing. Para siswa dapat mengambil banyak manfaat dari perlakuan kesalahan karena mereka dapat mengembangkan sistem antar bahasa pada tingkat keakuratan yang lebih tinggi. Pandangan ini sejalan dengan Scovel (1988), White dan Genesee (1996), dan Bialystok (1997) yang menentang eksistensi CP dalam pemerolehan bahasa kedua; barangkali CP dapat diterapkan pada pemerolehan fonologi tetapi bukan sintaksis. Oleh karenanya, tata bahasa dapat dipelajari oleh siswa pada usia berapapun. Penelitian ini meneliti efek perlakuan kesalahan jangka pendek terhadap kesalahan antara bahasa, dengan lebih menekankan pada item tak gramatikal yang dibuat oleh peserta didik. Rumusan masalah dalam peneltiian ini adalah “Apa efek perlakuan kesalahan terhadap item tak gramatikal yang dibuat oleh peserta didik? Apakah item tak gramatikal ditanamkan (dalam pengertian bahwa item tersebut pada dasarnya bersifat statis) atau dinamis setelah mereka memahami perlakuan kesalahan? Data dalam penelitian ini berupa penulisan komposisi bebas oleh siswa yang dikumpulkan empat kali: sebelum dan setelah perlakuan kesalahan dan dua bulan setelah itu. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan kesalahan merubah item tak gramatikal. Item ini menjadi sangat dinamis. Pada periode tertentu, beberapa item tampak dinamis; kemudian, dikarenakan perlakukan kesalahan, beberapa item tampak tak satbil, beberapa berubah-ubah dan sebagian lainnya masih tampak stabil. Kesalahan-kesalahan baru nampak ketika siswa mulai belajar menggunakan item gramatikal baru. Dapat ditarik simpulan bahwa perlakuan kesalahan dapat merubah keadaan kesalahan antar bahasa peserta didik; perlakuan kesalahan memberikan kontribusi pada proses ketidakstabilan. Kesalahan dapat berlangsung sebentar tetapi kesalahan ini dapat bersifat tak stabil. Perlakukan kesalahan masih dapat terjadi pada para siswa usia dewasa (setelah usia remaja). Dengan demikian, sangat memungkinkan para siswa untuk mendapatkan pembelajaran tababahasa yang lengkap karena item tak gramatikalnya bersifat dinamis.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/1239
    Collections
    • Volume 21 No. 1,Juni 2009

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV