Browsing Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 1 2015 by Title
Now showing items 1-10 of 10
-
Analisa Kestabilan dan Kendali Optimal pada Model Pemanenan Prey Predator dengan Fungsi Repon Tipe III
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-10)Perilaku atau karakteristik prey predator dapat dimodelkan secara matematis dan telah dikembangkan sejak dahulu oleh para peneliti. Model dasar sistem prey predator secara umum, pertama kali diperkenalkan oleh Lotka-Voltera, ... -
Analisis Deskriptif Soal-Soal dalam Buku Siswa Kurikulum 2013 (Edisi Revisi) dan BSE Pelajaran Matematika SMP Kelas VII Ditinjau dari Domain Kognitif TIMSS 2011
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-10)Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perbandingan soal-soal pada buku Kurikulum 2013 (Edisi Revisi) dan BSE ditinjau dari domain kognitif. Domain kognitif dikategorikan menjadi tiga, yaitu knowing, applying, ... -
Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linier di Kelas X SMK Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-10)Penelitian bertujuan untuk menganalisis kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas X di SMK Prawira Marta Kartasura dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan faktor-faktor yang ... -
Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transfering (REACT) Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-10)There are three aims of this study: (1) Evaluating the difference of student’ mathematics achievement viewed from two difference learning models (PMRI and REACT). (2) Evaluating the difference of students’ matheatics ... -
Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-10)Tujuan penelitian yaitu mendiskripsikan kesulitan siswa pada aspek bahasa, prasyarat, terapan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jenis penelitian berdasarkan pendekatan kualitatif dengan design etnografi. ... -
Kontribusi Kemampuan Awal, Minat dan Kemandirian Mahasiswa terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Persamaan Differensial
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-10)Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menguji kontribusi kemampuan awal, minat dan kemandirian mahasiswa terhadap hasil belajar mata kuliah Persamaan Differensial, (2) menguji kontribusi kemampuan awal terhadap hasil ... -
PAMIT (Puzzle Matematika Hit Mat) sebagai Media Pembelajaran Ramah Lingkungan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-10)PAMIT (Puzzle Matematika Hit Mat) bertujuan untuk mengetahui: (1) cara membuat matematika Hit Mat menjadi puzzle yang ramah lingkungan, (2) respon siswa terhadap PAMIT (Puzzle Matematika Hit Mat) sebagai media pembelajaran ... -
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa dalam Perkuliahan Teori Bilangan Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-10)Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa melalui model pembelajaran Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah dosen ... -
Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Terintegrasi pada Model Pembelajaran Discovery Learning
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-10)Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan motivasi belajar siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Sawit melalui penerapan pendekatan saintifik yang terintegrasi pada model pembelajaran discovery ... -
Pola Pikir Mahasiswa dalam Menyelesaikan Persamaan Differensial Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Gaya Belajar Reflectors
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-10)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pikir mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan persamaan diferensial ditinjau dari gaya kognitif Field Dependent (FD)dan gaya belajarReflectors. Jenis penelitian ...