• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding Book Call for Papers Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Proceeding Book National Symposium and Workshop Continuing Medical Education XIV
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding Book Call for Papers Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Proceeding Book National Symposium and Workshop Continuing Medical Education XIV
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH SARAPAN SEHAT DAN AKTIVITAS FISIK PROGRAM "AKSI BERGIZI" UNICEF TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR SISWA SMA DI WILAYAH KLATEN

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (561.6Kb)
    Date
    2021-02
    Author
    Damayanti, Putri Sella
    Nursanto, Dodik
    Agustina, Tri
    Mahmudah, Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Konsentrasi belajar didukung oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu asupan gizi. Asupan gizi memenuhi 15-30% kebutuhan kalori dalam sehari. Namun, sebanyak 26,1% remaja Indonesia hanya sarapan dengan susu, teh, dan air putih. Sarapan memberi zat gizi yang dibutuhkan untuk berpikir. Faktor pendukung konsentrasi belajar lainnya adalah aktivitas fisik yang cukup. Aktivitas fisik yang cukup meningkatkan saturasi oksigen dan aliran darah ke otak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sarapan dan aktivitas fisik terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa peserta program “Aksi Bergizi”di salah satu SMA di wilayah Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif observasional analitik jenis cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 60 sampel. Absensi Sarapan Sehat digunakan sebagai alat ukur untuk Sarapan Sehat, International Physical Activity Questionnaire (IPAQ) untuk aktivitas fisik dan Grid Concentration Test untuk konsentrasi belajar. Analisis data bivariat Chi-square didapatkan hasil Sarapan Sehat terhadap konsentrasi belajar dan aktivitas fisik terhadap konsentrasi belajar memiliki nilai p=0,007 dan p=0,029 (p<0,05 signifikan). Analisis data multivariat menggunakan uji regresi logistik. Sarapan Sehat (OR=8,387) menjadi faktor dominan yang mempengaruhi konsentrasi belajar dibanding aktivitas fisik (OR=3,610). Kesimpulan dari penelitian ini Sarapan Sehat dan aktivitas fisik mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap konsentrasi belajar, dan Sarapan Sehat memiliki pengaruh lebih dominan untuk konsentrasi belajar.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/12630
    Collections
    • Proceeding Book National Symposium and Workshop Continuing Medical Education XIV

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV