KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP FASILITAS PUSKESMAS DI SUKOHARJO
View/ Open
Date
2021-02Author
Puspitasari, Klaudia Vindy
Lestari, Nining
Pramuningtyas, Ratih
Ichsan, Burhannudin
Metadata
Show full item recordAbstract
Kepuasan pasien BPJS atau peserta asuransi merupakan salah satu faktor yang dapat
digunakan dalam menentukan keberhasilan program pelayanan. Kepuasan pasien merupakan
tujuan perusahaan untuk mempertahankan pelanggan/pasiennya. Pelayanan kesehatan BPJS
menitikberatkan pada Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)/ fasilitas kesehatan primer,
seperti di puskesmas. Fasilitas kesehatan yang baik dapat mempengaruhi kepuasan
pelanggan/pasien. Berdasarkan penelitian sebelumnya terdapat ketidakpuasan yang disebabkan
karena fasilitas umum kesehatan seperti: kamar mandi yang kurang bersih dan ruang tunggu yang
kurang luas. Tujuan penelitian ini menganalis kepuasan pasien BPJS terhadap fasilitas
Puskesmas di Sukoharjo. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dan
menekankan pada kesimpulan analisis data dengan teknik wawancara mendalam, Focus Group
Discussion, dan observasi. Responden yang menjadi fokus penelitian adalah tujuh (7) pasien BPJS
dan empat (4) pasien non BPJS di Puskesmas Sukoharjo. Total responden dalam penelitian ini
ada 11 orang yang berasal dari daerah Gatak, Kabupaten Sukoharjo. Hasil penelitian ini
diperoleh kepuasan pasien BPJS terhadap fasilitas di Puskesmas Sukoharjo. Kepuasan tersebut
merupakan cerminan dari empat kategori: fasilitas fisik yang baik, fasilitas non-fisik yang baik,
peralatan pemeriksaan yang baik dan lengkap, dan kualitas pemberian obat yang sesuai.
Kesimpulan berdasarkan temuan dalam penelitian ini diperoleh kepuasan pasien BPJS terhadap
Puskesmas di Sukoharjo.