Show simple item record

dc.contributor.authorPuspitasari, Klaudia Vindy
dc.contributor.authorLestari, Nining
dc.contributor.authorPramuningtyas, Ratih
dc.contributor.authorIchsan, Burhannudin
dc.date.accessioned2021-10-21T02:29:54Z
dc.date.available2021-10-21T02:29:54Z
dc.date.issued2021-02
dc.identifier.issn2721-2882
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/12769
dc.description.abstractKepuasan pasien BPJS atau peserta asuransi merupakan salah satu faktor yang dapat digunakan dalam menentukan keberhasilan program pelayanan. Kepuasan pasien merupakan tujuan perusahaan untuk mempertahankan pelanggan/pasiennya. Pelayanan kesehatan BPJS menitikberatkan pada Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)/ fasilitas kesehatan primer, seperti di puskesmas. Fasilitas kesehatan yang baik dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan/pasien. Berdasarkan penelitian sebelumnya terdapat ketidakpuasan yang disebabkan karena fasilitas umum kesehatan seperti: kamar mandi yang kurang bersih dan ruang tunggu yang kurang luas. Tujuan penelitian ini menganalis kepuasan pasien BPJS terhadap fasilitas Puskesmas di Sukoharjo. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dan menekankan pada kesimpulan analisis data dengan teknik wawancara mendalam, Focus Group Discussion, dan observasi. Responden yang menjadi fokus penelitian adalah tujuh (7) pasien BPJS dan empat (4) pasien non BPJS di Puskesmas Sukoharjo. Total responden dalam penelitian ini ada 11 orang yang berasal dari daerah Gatak, Kabupaten Sukoharjo. Hasil penelitian ini diperoleh kepuasan pasien BPJS terhadap fasilitas di Puskesmas Sukoharjo. Kepuasan tersebut merupakan cerminan dari empat kategori: fasilitas fisik yang baik, fasilitas non-fisik yang baik, peralatan pemeriksaan yang baik dan lengkap, dan kualitas pemberian obat yang sesuai. Kesimpulan berdasarkan temuan dalam penelitian ini diperoleh kepuasan pasien BPJS terhadap Puskesmas di Sukoharjo.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProceeding Book National Symposium and Workshop Continuing Medical Education XIVid_ID
dc.titleKEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP FASILITAS PUSKESMAS DI SUKOHARJOid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record