PERBEDAAN KREATIVITAS PADA SISWA SEKOLAH DASAR (SD) DAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kreativitas pada siswa SD
dan SDIT dan untuk mengetahui perbedaan kreativitas pada siswa yang berinteligensi tinggi
dan rendah. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada perbedaan kreativitas
pada siswa SD dan SDIT dan ada perbedaan kreativitas pada siswa yang memiliki inteligensi
tinggi dan rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD dan SDIT di
Salatiga. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling.
Pengumpulan data dilakukan dengan alat tes TKF dan CPM. Berdasarkan hasil analisis
data menggunakan teknik analisis dwivariat uji-t, menghasilkan t antar kelompok sebesar -
2.887 dengan p = 0.005 atau p < 0.05 yang berarti ada perbedaan kreativitas yang signifikan
pada siswa SD dan SDIT, dan sebesar 1.556 dengan p = 0.127 atau p > 0.05 yang berarti
tidak ada perbedaan kreativitas yang signifikan pada siswa yang memiliki inteligensi tinggi
dan rendah. Sistem pendidikan memberikan sumbangan efektif sebesar 1.14 % terhadap
kreativitas siswa dan inteligensi memberikan sumbangan efektif sebesar 7.2 % terhadap
kreativitas siswa.