Show simple item record

dc.contributor.authorMarfu’ah, Jauhariatun
dc.contributor.authorSuparno
dc.contributor.authorDewi, Rosana
dc.date.accessioned2012-05-14T03:52:24Z
dc.date.available2012-05-14T03:52:24Z
dc.date.issued2007-05
dc.identifier.citationAnastasi, A. (1997). Tes Psikologi. Jilid 1 . Jakarta : Prenhalindo. Arifin, M. (2000). Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta : Bumi Aksara. Azwar, S. (1999). Pengantar Psikologi Inteligensi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Djunaedi, D. (2005). Memacu Kreativitas Siswa dalam Belajar. h t t p : / / w w w . p i k i r a n - rakyat.com.(diakses pada tanggal 08 Maret 2007)Darto. (2006). Islamic School, sebuah Alternatif. http://www.artikel.us/ darto06-04.html.(diakses pada tanggal 08 Maret 2007) Eliasaputra. (1999). Era Sekolah Unggulan. Ummi. Edisi 6. Jakarta Fuad,I. (1997). Dasar-dasar Kependidikan (Komponen MKDK) : Jakarta : Rineka Cipta. Hurlock, E.B. (1990). Psikologi Perkembangan Suatua Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Terjemahan Istiwidayanti, Soedjarwo). Jakarta : Erlangga. Perbedaan Kreativitas Pada Siswa Sekolah Dasar (SD) Dan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Jauhariatun Marfu’ah, Suparno, dan Rosana DewiHidayah, N. (1993). Pengaruh Pola Asuh Orang tua terhadap Tingkah laku Anak. Jakarta : Rineka Cipta. Mukhtar, DesviY. (2000). Kreativitas Siswa Sekolah Alam dan Sekolah Dasar biasa. Skripsi (TidakDiterbitkan). Yogyakarta : Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Munandar, U. (1999). Pengembangan Kreativitas Anak Berbaka.Jakarta : Rineka Cipta. (1992). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia. . (1988). Kreativitas Sepanjang Masa. Jakarta : Balai Pustaka. . (1988). Laporan Standarisasi Tes Kreativitas Figural. Jakarta : Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.Nursito. (2000). Menggali Kreativitas. Yogyakarta : PT. Mitra Gama Widya Soemardjan, S. (1983). Kreativitas Suatu Tinjauan dari Sudut Pikologi.Jakarta: DianRakyat. Fenomena munculnya SDIT.http:// www.hayatuislam.net (diakses tanggal 13 April 2007). Inteligensi dan IQ. http:// www.balitacerdas.com.Jum’at, 16 Januari 2004 (diakses tanggal 14 Mei 2007). Latar Belakang Pendirian JSIT.http:/ /www.jsit.or.id (diakses tanggal 08 Maret 2007). Indigenous, Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi Vol. 9, No. 1, Mei 2007: 108-118en_US
dc.identifier.issn0854-2880
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/1411
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kreativitas pada siswa SD dan SDIT dan untuk mengetahui perbedaan kreativitas pada siswa yang berinteligensi tinggi dan rendah. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada perbedaan kreativitas pada siswa SD dan SDIT dan ada perbedaan kreativitas pada siswa yang memiliki inteligensi tinggi dan rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD dan SDIT di Salatiga. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan alat tes TKF dan CPM. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan teknik analisis dwivariat uji-t, menghasilkan t antar kelompok sebesar - 2.887 dengan p = 0.005 atau p < 0.05 yang berarti ada perbedaan kreativitas yang signifikan pada siswa SD dan SDIT, dan sebesar 1.556 dengan p = 0.127 atau p > 0.05 yang berarti tidak ada perbedaan kreativitas yang signifikan pada siswa yang memiliki inteligensi tinggi dan rendah. Sistem pendidikan memberikan sumbangan efektif sebesar 1.14 % terhadap kreativitas siswa dan inteligensi memberikan sumbangan efektif sebesar 7.2 % terhadap kreativitas siswa.en_US
dc.subjectkreativitasen_US
dc.subjectSDen_US
dc.subjectSDITen_US
dc.titlePERBEDAAN KREATIVITAS PADA SISWA SEKOLAH DASAR (SD) DAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record