• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2011
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2011
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEER GROUP CAMP

    Thumbnail
    View/Open
    14_Listyo Yuwanto.pdf (75.15Kb)
    Date
    2012-06-04
    Author
    Yuwanto, Listyo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Lembaga pendidikan bertanggungjawab terhadap pendidikan akademis dan karakter. Pendidikan tidak hanya berfokus pada pendidikan akademis yang mengutamakan kecerdasan otak kiri (headstart) tetapi juga berfokus pada pendidikan karakter yang mengutamakan otak kanan (heartstart). Fakultas Psikologi Universitas Surabaya memiliki tujuan menghasilkan lulusan yang kompeten dan memiliki karakter dalam menangani masalah perkotaan. Beberapa karakter yang diharapkan adalah kepekaan terhadap permasalahan sosial, mandiri, disiplin, kerjasama dengan orang lain, kemampuan mengelola diri, kemampuan penyesuaian diri dengan situasi baru, insan pembelajar sepanjang hayat, multikulturalisme, bertanggungjawab, kepedulian, dan rasa hormat. Terdapat beberapa cara yang dilakukan Fakultas Psikologi Universitas Surabaya untuk memberikan pendidikan karakter terhadap mahasiswa, antara lain program Exploring My Self Camp (EMSC), Peer Group Camp (PGC), Self Help Camp (SHC), dan Live In (LI). Program EMSC, PGC, SHC, dan LI merupakan program yang berkesinambungan, dilakukan pada semester tertentu dan diikuti oleh mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Penelitian ini akan menggambarkan Peer Group Camp sebagai salah satu metode pendidikan karakter bagi mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Peer Group Camp merupakan program Laboratorium Psikologi Umum Fakultas Psikologi Universitas Surabaya yang bertujuan membentuk karakter kemampuan mengelola diri yaitu manajemen stres dan kerjasama dengan orang lain. Peer Group Camp dirancang sebagai metode pendidikan karakter dengan unsur belajar secara menyenangkan (joyful learning) dan terlibat secara aktif (active learning). Metode penelitian deskriptif kuantitatif-kualitatif dengan menggunakan angket ditunjang dengan observasi dan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Subjek penelitian adalah peserta Peer Group Camp sebanyak 19 orang yang tergabung dalam peer group Laboratorium Psikologi Umum Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sisi proses pembelajaran Peer Group Camp merupakan metode pembelajaran yang menyenangkan dan memfasilitasi peserta untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran (experiential learning). Evaluasi peserta menunjukkan bahwa peserta mendapatkan kemampuan manajemen stres dan bekerja sama dengan orang lain yang tidak didapatkan dalam proses perkuliahan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/1514
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2011

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV