dc.identifier.citation | Battistich, V., Schaps, E., Watson, M., Solomon, D., & Lewis, C. (2000). Effects of the child
development project on students’ drug and other problem behaviors. Journal of Primary
Prevention, 21,75-99.
Elizabeth, M.P. (2007). Pendidikan karakter dan perilaku agresif siswa TK. Anima
Indonesian Psychological Journal 22,(3), 237-250.
Gunarsa, J. S. D., & Gunarsa, S. D. (2003). Psikologi remaja. Jakarta : BPK Gunung Mulia.
Khan, Y.D. (2010). Pendidikan karakter berbasis potensi diri. Yogyakarta : Pelangi
Publishing.
Richardson, R.C., Tolson, H., Huang, T.Y., & Lee, Y.S. (2009). Character education :
Lessons for teaching social and emotional competence. Children & Schools, 31,(2), 71-
78.
Sanchez, T.R. (2006). The man who could have been king : A storyteller’s guide for
character education. Journal of Social Studies Research,30,(2), 3-9.
Steen, T.A., Kachorek,L.V., & Peterson, C. (2003). Character strengths among youth.
Journal of Youth and Adolescence, 32,(1),5-16.
Universitas Surabaya. (2010). Pedoman mahasiswa 2010-2011. Surabaya : Penulis. | |
dc.description.abstract | Lembaga pendidikan bertanggungjawab terhadap pendidikan akademis
dan karakter. Pendidikan tidak hanya berfokus pada pendidikan
akademis yang mengutamakan kecerdasan otak kiri (headstart) tetapi
juga berfokus pada pendidikan karakter yang mengutamakan otak kanan
(heartstart). Fakultas Psikologi Universitas Surabaya memiliki tujuan
menghasilkan lulusan yang kompeten dan memiliki karakter dalam
menangani masalah perkotaan. Beberapa karakter yang diharapkan
adalah kepekaan terhadap permasalahan sosial, mandiri, disiplin,
kerjasama dengan orang lain, kemampuan mengelola diri, kemampuan
penyesuaian diri dengan situasi baru, insan pembelajar sepanjang hayat,
multikulturalisme, bertanggungjawab, kepedulian, dan rasa hormat.
Terdapat beberapa cara yang dilakukan Fakultas Psikologi Universitas
Surabaya untuk memberikan pendidikan karakter terhadap mahasiswa,
antara lain program Exploring My Self Camp (EMSC), Peer Group Camp
(PGC), Self Help Camp (SHC), dan Live In (LI). Program EMSC, PGC,
SHC, dan LI merupakan program yang berkesinambungan, dilakukan
pada semester tertentu dan diikuti oleh mahasiswa Fakultas Psikologi
Universitas Surabaya.
Penelitian ini akan menggambarkan Peer Group Camp sebagai salah
satu metode pendidikan karakter bagi mahasiswa Fakultas Psikologi
Universitas Surabaya. Peer Group Camp merupakan program
Laboratorium Psikologi Umum Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
yang bertujuan membentuk karakter kemampuan mengelola diri yaitu
manajemen stres dan kerjasama dengan orang lain. Peer Group Camp
dirancang sebagai metode pendidikan karakter dengan unsur belajar
secara menyenangkan (joyful learning) dan terlibat secara aktif (active
learning).
Metode penelitian deskriptif kuantitatif-kualitatif dengan menggunakan
angket ditunjang dengan observasi dan wawancara sebagai metode
pengumpulan data. Subjek penelitian adalah peserta Peer Group Camp
sebanyak 19 orang yang tergabung dalam peer group Laboratorium
Psikologi Umum Fakultas Psikologi Universitas Surabaya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sisi proses pembelajaran Peer
Group Camp merupakan metode pembelajaran yang menyenangkan dan
memfasilitasi peserta untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran
(experiential learning). Evaluasi peserta menunjukkan bahwa peserta
mendapatkan kemampuan manajemen stres dan bekerja sama dengan
orang lain yang tidak didapatkan dalam proses perkuliahan. | en_US |