• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2011
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2011
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) TERHADAP SOFT SKILLS MAHASISWA

    Thumbnail
    View/Open
    27_Tarmidi.pdf (75.45Kb)
    Date
    2011-05-28
    Author
    Tarmidi
    Danta Jaya Ginting, Eka
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) terhadap soft skills mahasiswa. Soft skills merupakan kemampuan nonteknis yang tidak terlihat wujudnya (intangible) namun sangat diperlukan, Patrick S. O'Brien (1997) dalam bukunya Making College Count, soft skill dapat dikategorikan ke dalam 7 area yang disebut Winning Characteristics, yaitu, communication skills, organizational skills, leadership, logic, effort, group skills, dan ethics. Dalam kaitannya dengan KBK, yang lebih menitikberatkan pada proses belajar yang student centered, pengembangan soft skills dapat dilakukan melalui implementasi kurikulum, dan menjadi hidden curriculum. Hidden curriculum disini bisa terlihat dari berbabagi metode belajar dalam penerapan KBK. Softkills yang terbentuk melalui pendidikan berbasis kompetensi diharapkan bisa membentuk karakter mahasiswa untuk siap menghadapi kehidupan setelah perkualiahan. Penelitian ini merupakan penelitian ini dilakukan di Universitas Sumatera Utara dengan membandingkan soft skills mahasiswa pada fakultas yang menerapkan KBK dengan fakultas yang belum menerapkan KBK. Soft skills mahasiswa diukur dengan Skala Soft skills yang disusun peneliti berdasarkan 7 area winning caharacteristic yang diajukan O’Brien (1997). Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dari penerapan KBK terhadap soft skills mahasiswa (F=2.578, p=0.109 (p>0.05)). Namun jika dilihat perdimensi pada tujuh area, terdapat perbedaan yang signifikan antara fakultas yang menerapkan KBK dengan yang belum menerapkan KBK. Perbedaan tersebut terlihat pada kemampuan komunikasi, berpikir logis, daya juang (effort) , dimana mahasiswa yang fakultasnya menerapkan KBK soft skillsnya lebih tinggi pada ketiga area tersebut.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/1528
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2011

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV