Show simple item record

dc.contributor.authorSusianto, Dwi
dc.date.accessioned2012-06-09T04:46:21Z
dc.date.available2012-06-09T04:46:21Z
dc.date.issued2011-04
dc.identifier.citationAbdurrahman, M., & Totok, B. 2000. Memahami dan menangani siswa dengan problema dalam belajar: Pedoman guru, Jakarta : Proyek peningkatan mutu SLTP Direktorat pendidikan menengah umum, Direktorat pendidikan dasar dan menengah, Departemen Pendidikan Nasional. Abin Syamsudin Makmun. 2004. Psikologi Kependidikan. Bandung : PT. Remaja karya. Aronson. 2000. www. Jigsaw.org. Anita Lie. 2005. Cooperative Learning Mempraktekkan Cooperative Learning di ruangruang kelas. Jakarta : Grasindo. Arend Richard. 1997. Classroom Intruction and Management. Central Conecticut State University : The MC. Graw-Hill. Baron, Robert A. Byrne, Donn. 1991. Social Psikology, Tokyo : Allyn and Bacon. Chaplin, J.P. 1975. Dictionary of Psychology. New York : Dell Publishing Co. Inc. Cohen, Elizabeth. 1994. Designing Gropwook : Strategies for the Heterogeneus Classroom 2 nd ed. New York : Teachers College Press. Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 SMA Pedoman khusus pengembangan silabus dan penilaian mata pelajaran geografi. Jakarta : Direktorat Jenderal pendidikan dasar dan menengah Direktorat pendidikan menengah umum. Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Refika Aditama. Muchtar Buchori. 1989. Teknik-teknik Evaluasi dalam pendidikan. Bandung : Jemmars. Ngalim Purwanto. 1986. Ilmu Pendidikan. Bandung : Remaja karya Nurhadi, Senduk, AG., 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang. Paul, Suparno. 1997. Filsafat Kontruktivisme dalam Pendidikan. Jogjakarta : Kanisius. Ratna Wilis Dahar. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta : Penerbit Erlangga. Rusli Ibrahim. 2001. Pembinaan Perilaku Sosial melalui pendidikan Jasmani Prinsip-prinsip dan Metode. Jakarta : Direktorat Jenderal Olahraga Depdiknas. Slavin, Robert E. 1994. Educational Psycology : Theory and Practise Fourth Edition. Massachusets : Allyn and Bacon Publisher. ___________ 1995. Cooperative Learning Theory Research, and Practice ( Scond Edition ). Masachusets : A. Simon & Schuster Company. Sri Anitah Wiryawan, Noorhadi Th., 001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka. Sunarti, B., dan Munawir Yusuf. 1987. Psikologi Pendidikan. Surakarta : UNS Pres. Sutartinah Tirto Negoro. 1998. Anak-anak Super Normal dan Program Pendidikannya. Yogyakarta : Rake Surakin. Syaiful Bahri Djamariah. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional. Winkel W.S. 1999. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia. www. Ekofeum. Or. id. www. Jigsaw.org/steps.htm. Zaenal Arifin. 1990. Evaluasi Instruksional Prinsip – Teknik – Prosedur. Bandung : Remaja Rosda karya.en_US
dc.identifier.isbn978-979-636-130-4
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/1536
dc.description.abstractPenerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw Untuk Peningkatan Perilaku Sosial Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jumapolo Karanganyar Tahun Pelajaran 2006/2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah yang berupa : (1) Peningkatan perilaku sosial siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jumapolo Karanganyar tahun pelajaran 2006/2007 dengan pembelajaran kooperatif metode jigsaw, (2) Peningkatan prestasi belajar mata pelajaran geografi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jumapolo Karanganyar tahun pelajaran 2006/2007 dengan pembelajaran kooperatif metode jigsaw. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas. Obyek penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jumapolo Karanganyar tahunpelajaran 2006/2007. Teknik pengumpulan datanya yang berkaitan dengan metode pembelajaran menggunakan kuesioner, untuk perilaku sosial siswa dengan pengamatan, sedang untuk prestasi belajar mata pelajaran geografi menggunakan tes prestasi. Metode wawancara digunakan dalam pengumpulan data yang berkaitan dengan kondisi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jumapolo tahun pelajaran 2006/2007. Teknik analisa data menggunakan analisa perbandingan dengan cara data yang didapat pada peristiwa-peristiwa pertama ke peristiwa berikutnya dipaparkan dan diperbandingkan kemudian diungkapkan dalam bentuk kata-kata atau dideskripsikan. Setelah dilakukan analisis diperoleh kesimpulan : (1) penerapan pembelajaran kooperatif metode jigsaw dapat meningkatkan perilaku sosial siswa yang dibuktikan dengan perolehan rerata skor nilai unsur-unsur pembentuk perilaku sosial yang diperoleh siswa pada pembelajaran siklus I = 2,49, pada siklus ke II = 2,69 dan pada siklus ke III = 2,93, (2) terdapat manfaat dalam penerapan pembelajaran kooperatif metode jigsaw untuk peningkatan prestasi belajar mata pelajaran geografi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jumapolo Karanganyar tahun pelajaran 2006/2007, dibuktikan dengan rata-rata nilai yang diperoleh siswa pada siklus ke I = 63,18 dengan siswa tuntas belajar sebanyak 63 %, pada siklus ke II = 75,95 siswa yang tuntas belajar sebanyak 79 %, sedang pada siklus ke III = 76,54 dan siswa yang tuntas belajar sebanyak 86 %.en_US
dc.publisherMUP-lppmumsen_US
dc.subjectkooperatifen_US
dc.subjectjigsawen_US
dc.subjectgeografien_US
dc.subjectperbandinganen_US
dc.titlePenerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw Untuk Eningkatan Perilaku Sosial Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI Ips 2 Sma Negeri Jumapolo Karanganyar Tahun Pelajaran 2006/2007en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record