LANGUAGE INTERFERENCE ON ENGLISH: [n] ARTICULATION OF INDONESIAN STUDENTS
dc.contributor.author | Susiati | |
dc.contributor.author | Laila, Malikatul | |
dc.contributor.author | Maskuroh, Qanitah | |
dc.date.accessioned | 2012-06-30T07:21:14Z | |
dc.date.available | 2012-06-30T07:21:14Z | |
dc.date.issued | 2010-06 | |
dc.identifier.citation | Abdur Rauf, Abdul Aziz. 2006. Pedoman Dauroh Al Quran. Jakarta Timur: Alfin Press. Avery, Peter, and Susan Ehrlich. 1997. Teaching American English Pronunciation: Oxford Handbooks for Language Teachers. New York: Oxford University Press. Celce-Muria, Marianne, Donna M. Brinton, and Janet M. Goodwin. 1996. Teaching Pronunciation: A Reference for Teachers of English to Speakers of Other Laguages. New York: Cambridge University Press. Fauziati, Endang. 2004. Readings on Applied Linguistics. Surakarta: Muhammadiyah University Press. Katamba, Francis. 1991. An Introduction to Phonology. London and New York: Longman. Lincoln, Yvonna S. and Egon G. Guba. 1985. Naturalistics Inquiry. London: Sage Publication. Nurkamto, Djoko. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS. O’Grady, William and Michael Dobrovolsky. 1986. Contemporary Linguistic Analysis. Toronto: A Longman Company. Oxford Learner’s Pocket Dictionary. 2004. China: Oxford University Press. Soedaryanto, 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press. Thomson, A.J. and A.V. Martinet. 1995. A Practical English Grammar: Forth Edition. Hong Kong: Oxford University Press. Wolfram, Walt and Robert Johnson. 1981. Phonological Analysis Focus on American English. | en_US |
dc.identifier.issn | 0852-9604 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/1718 | |
dc.description.abstract | Terbiasa dalam menggunakan “tahsin” dalam Bahasa Arab dapat mempengaruhi seseorang dalam mengucapkan bunyi asimilasi regresif [n] dalam Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persamaan dan perbedaan antara aturan-aturan bunyi yang ada di Bahasa Inggris dan “tahsin” dalam Bahasa Arab berdasarkan tempat artikulasi bunyi dan mendeskripsikan bagaimana siswa program Mu’allimat melafalkan bunyi asimilasi regresif [n] dalam Bahasa Inggris. Data penelitian ini berupa ujaran Bahasa Inggris oleh siswa program Mu’allimat di Ponpes Al Mukmin Ngruki Sukoharjo yang berlatar belakang “tahsin” khususnya antara bunyi konsonan dan bunyi asimilasi regresif [n] dalam Bahasa Inggris dan bunyi “nun sakinah” dalam “tahsin” dalam Bahasa Arab. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik perbandingan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dilihat dari hukum-hukum fonetik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kesamaan dan perbedaan antara bunyi konsonan dalam Bahasa Inggris dan hukum “tahsin” dalam Bahasa Arab terletak pada tempat artikulasi bunyi, dan (2) siswa program Mu’allimat yang termasuk dalam kelompok khalaqoh tahsinul qur’an tidak selalu lebih baik dalam mengartikulasikan bunyi asimilasi regresif [n] dalam bahasa Inggris dari pada mereka yang tidak termasuk dalam kelompok khalaqoh tahsinul qur’an. | en_US |
dc.publisher | lppmums | en_US |
dc.subject | inteferensi | en_US |
dc.subject | asimilasi regresif | en_US |
dc.subject | tahsin. | en_US |
dc.title | LANGUAGE INTERFERENCE ON ENGLISH: [n] ARTICULATION OF INDONESIAN STUDENTS | en_US |
dc.type | Article | en_US |