PENGEMBANGAN MODEL PERANGKAT PEMBELAJARAN MENULIS LEGENDA DENGAN STRATEGI BELAJAR KUANTUM
Abstract
Masalah umum penelitian ini adalah belum ada model perangkat pembelajaran
menulis legenda dengan strategi belajar kuantum. Sesuai dengan masalah tersebut,
tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model perangkat pembelajaran menulis
legenda dengan strategi belajar kuantum. Hasil penelitian ini berbentuk buku dan
elektronik. Model berbentuk buku terdiri atas tiga model, yaitu (1) model silabus
dan sistem penilaian pembelajaran menulis legenda, (2) model bahan ajar
pembelajaran menulis legenda, dan (3) model skenario pembelajaran menulis legenda. Model berbentuk elektronik berupa satu keping VCD berisi visualisasi
materi pelajaran menulis legenda. Berdasarkan analisis data kualitatif, ketiga model
perangkat pembelajaran tersebut memiliki keefektifan pada bagian materi pokok,
pengalaman belajar, indikator pencapaian, sistem penilaian, dan bagian sumber
serta media yang digunakan. Berdasarkan analisis data kuantitatif diketahui bahwa
perbedaan skor tes awal dan tes akhir kemampuan menulis legenda dengan strategi
belajar konvensional terdapat perbedaan, tetapi perbedaan itu tidak signifikan (p
> 0,005). Sebaliknya, skor tes awal dan tes akhir kemampuan menulis legenda
dengan strategi belajar kuantum terdapat perbedaan yang signifikan (p < 0,001).
Jadi, ketiga model perangkat pembelajaran tersebut terbukti efektif dan berpengaruh
terhadap peningkatan kemampuan menulis legenda.