Show simple item record

dc.contributor.authorSukirno
dc.date.accessioned2012-06-30T07:29:52Z
dc.date.available2012-06-30T07:29:52Z
dc.date.issued2010-06
dc.identifier.citationCox, C. and Zarrillo, J. 1993. Teaching Reading with Children’s Literature. New York: Macmillan Publishing Company. Depdikbud. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka. Depdiknas. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta. Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Pedoman Umum Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi Sekolah Menengah Atas. Jakarta. dePorter, B., Reardon, M., dan Nourie, S.S. 2002. Quantum Teaching. Terjemahan oleh Ari Nilandari. Bandung: Kaifa. dePorter, B. dan Mike H. 2003. Quantum Learning. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa. Echals, J.M. dan Shadily, H. 1992. Kamus Indonesia- Inggris. Jakarta: PT Gramedia. Essex, C. 1996. “Teaching Creative Writing in the Elementary School. ERIC Digest. “http:// www.ericfacility.net/databases/ERIC- Digests/ed391182.html. Keh, C.L. 1990. “A Design for a Process-Approach Writing Course.” Forum. Volume XXVIII Number I January. Halaman 10-12. Keraf, G. 1980. Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Ende-Flores: Nusa Indah. Leonhardt, M. 2002. Cara Menjadikan Anak Anda Bergairah Menulis. Bandung: Kaifa. Linksman, R. 2004. How to Learn Anything Quickly. New York: Barnes & Noble Books. Nunan, D. 1991. Language Teaching Methodology. Sydney: National Centre for English Language Teaching an Research. Rose, C. dan Nicholl, M.J. 2003. Accelerated Learning For The 21st Century. Terjemahan oleh Dedy Ahimsa. Bandung: Nuansa. Sudiyati, V. dan Widyamartaya, A. 2005. Kiat Menulis Deskripsi dan Narasi (Lukisan dan Cerita). Yogyakarta: Pustaka Widyatama. Sukirno. 2008. “Pengembangan Model Perangkat Pembelajaran Menulis Wacana Narasi dengan Strategi Belajar Kuantum” (Disertasi) Universitas Negeri Malang: 2008. Temple, C., Ruth, N, and Nancy, B. 1988. The Beginning of Writing. Boston: Allyn and Bacon, Inc. Titik W.S. dkk. 2003. Teknik Menulis Cerita Anak. Yogyakarta: Pink Books bekerja sama dengan Pusbuk dan Taman Melati. Tompkins, G.E. dan Hoskisson, K. 1990. Language Arts Content and Teaching Strategies. New York: Macmillan Publishing Company. Tompkins, G.E. 1994. Teaching Writing: Balancing Process and Product. New York: Macmillan College Publishing Company. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2008. Kajian Linguistik dan Sastra. Volume 20 No.1Juni Halaman 81. Universitas Negeri Malang. 2007. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Laporan Penelitian (Edisi Keempat).en_US
dc.identifier.issn0852-9604
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/1721
dc.description.abstractMasalah umum penelitian ini adalah belum ada model perangkat pembelajaran menulis legenda dengan strategi belajar kuantum. Sesuai dengan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model perangkat pembelajaran menulis legenda dengan strategi belajar kuantum. Hasil penelitian ini berbentuk buku dan elektronik. Model berbentuk buku terdiri atas tiga model, yaitu (1) model silabus dan sistem penilaian pembelajaran menulis legenda, (2) model bahan ajar pembelajaran menulis legenda, dan (3) model skenario pembelajaran menulis legenda. Model berbentuk elektronik berupa satu keping VCD berisi visualisasi materi pelajaran menulis legenda. Berdasarkan analisis data kualitatif, ketiga model perangkat pembelajaran tersebut memiliki keefektifan pada bagian materi pokok, pengalaman belajar, indikator pencapaian, sistem penilaian, dan bagian sumber serta media yang digunakan. Berdasarkan analisis data kuantitatif diketahui bahwa perbedaan skor tes awal dan tes akhir kemampuan menulis legenda dengan strategi belajar konvensional terdapat perbedaan, tetapi perbedaan itu tidak signifikan (p > 0,005). Sebaliknya, skor tes awal dan tes akhir kemampuan menulis legenda dengan strategi belajar kuantum terdapat perbedaan yang signifikan (p < 0,001). Jadi, ketiga model perangkat pembelajaran tersebut terbukti efektif dan berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan menulis legenda.en_US
dc.publisherlppmumsen_US
dc.subjectperangkat pembelajaranen_US
dc.subjectmenulis legendaen_US
dc.subjectkuantum.en_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODEL PERANGKAT PEMBELAJARAN MENULIS LEGENDA DENGAN STRATEGI BELAJAR KUANTUMen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record