ELT ANALYSIS THROUGH LITERARY WORKS APPRECIATION
Abstract
Pembelajaran bahasa Inggris komunikatif melalui apresiasi karya sastra saat ini
dipandang efektif untuk penguasaan kompetensi berbahasa selain sebagai sarana
untuk menjembatani kesenjangan budaya antarbangsa. Masalahnya, belum semua
guru di sekolah menengah menyadarinya. Oleh sebab itu, penelitian studi kasus ini
bertujuan menganalisis pengajaran bahasa Inggris melalui kegiatan apresiasi karya
sastra di SMA. Subjeknya adalah guru bahasa Inggris SMA 8 Yogyakarta. Objeknya
adalah proses pembelajaran bahasa Inggris. Data penelitian ini berupa hasil wawancara
mendalam dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan model McDonough
& McDonough. Hasil penelitian menunjukkan: hanya ada seorang guru yang mengembangkan
kemampuan berbahasa melalui kegiatan apresiasi karya sastra, waktu
pembelajarannya 4 kali tatap muka (@ 90 menit), materi disediakan oleh guru,
hanya ada satu buku yang wajib dikembangkan, yaitu “Lorna and John”, dan
penilaiannya ditujukan untuk menilai kecakapan berbicara. Rekomendasi penelitian ini adalah apresiasi karya sastra hendaknya diajarkan di SMA, semua guru hendaknya
berkomitmen mengembangkan sikap apresiatif siswa terhadap karya sastra melalui
pengembangan keterampilan berbahasa, dan sekolah menyediakan berbagai karya
sastra berbahasa Inggris terutama hasil karya pengarang dunia.